Data Pribadi Semakin Tak Aman, Ini Cara Cek Data Bocor di Internet

JABARNEWS I BANDUNG – Seiring perkembangan dunia digital, data pribadi jadi semakin tidak aman. Banyak orang tidak sadar ataupun mengerti ketika data pribadinya, berupa email, kata sandi, hingga nomor ponsel, telah dicuri peretas dan dijual.

Sering kali kebocoran data baru disadari saat peretas ataupun pembeli telah melancarkan serangan untuk mengambil alih akun media sosial hingga melakukan pengurasan rekening korban.

Untuk mengetahui apakah data pribadi seperti email dan password pengguna sudah pernah bocor dan diperjualbelikan di internet bisa dilakukan dengan mengecek lima situs berikut.

Pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto, mengklaim telah membuat situs yang dapat mendeteksi data seseorang bocor atau tidak. Website yang dilengkapi tools khusus ini dinamai periksadata.com.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengatasi Gatal pada Kulit secara Alami

Anda tinggal memasukkan email pada kolom yang tersedia. Situs itu akan langsung memberikan informasi mengenai data milik Anda, apakah pernah bocor atau tidak.

Situs cek peretasan besutan peramban Firefox dengan alamat https://monitor.firefox.com/ ini memungkinkan pengguna mengecek apakah email dan kata sandi telah bocor. Sama seperti situs cek peretasan pada umumnya, Anda tinggal memasukkan email Anda.

Di situs itu, Anda juga bisa langsung melakukan pengecekan ke akun secara spesifik. Dengan memilih navigasi ‘Breaches’ di sebelah ‘Home’, Anda bisa melihat kebocoran-kebocoran yang dialami oleh layanan digital mulai dari e-commerce hingga dompet digital.

Baca Juga:  Diabaikan Pemerintah, Keluarga Huni Rumah Berbilik Terpal Plastik Dapat Bantuan Masyarakat

Have I Been Pwned bekerja untuk melacak pelanggaran yang menggunakan email Anda. Anda hanya perlu memasukkan alamat email agar situs melakukan pengecekan apakah email Anda terancam.

Untuk pelanggaran yang lebih sensitif, situs https://haveibeenpwned.com/ bisa memberi layanan pengecekan, namun Anda diminta untuk mendaftar di situs itu lebih dulu.

Avast.com merupakan situs keamanan internet lintas platform untuk Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Caranya, akses situs berikut: https://www.avast.com/hackcheck/.

Baca Juga:  Potensi Melimpah, Kok Majalengka Tak Punya Ikon?

Di email, Avast akan melaporkan berapa kali password email Anda bocor. Avast juga menginformasikan email Anda bocor saat terhubung dengan situs apa saja, misalnya Gmail hingga berbagai layanan e-commerce.

DeHashed tidak hanya bisa memeriksa apakah email Anda bocor atau tidak. Situs https://www.dehashed.com/ juga memungkinkan Anda mengetahui apakah identitas Anda muncul di daftar yang diretas.

Anda juga dapat melihat kata sandi Anda ada di daftar akun mana saja. Akan tetapi untuk akses yang lebih mudah, Anda harus berlangganan di situs ini. (Red)