Ini Dampak Buruk Seringnya Memuntahkan Makanan Secara Paksa Akibat Mengidap Bulimia

JABARNEWS | BANDUNG – Bulimia atau bisa disebut dalam istilah medisnya bulimia nervosa adalah gangguan makan yang serius dan berpotensi mengancam jiwa. Penyakit ini termasuk dalam kategori gangguan mental yang berketerkaitan dengan rasa rendah diri tingkat ekstrim, kecanduan minuman keras, depresi, serta kecenderungan menyakiti diri sendiri.

Pengidap bulimia akan melahap makanan dalam jumlah berlebihan, kemudian mengeluarkannya dari tubuh secara paksa dengan muntah atau menggunakan obat pencahar. Cara ini dilakukan oleh pengidapnya guna menghilangkan kalori berlebih yang telah dikonsumsi agar berat badannya tetap terjaga.

Baca Juga:  Warga Ciamis Tak Bisa Nikmati Taman Raflesia Saat Malam Tahun Baru

Oleh Sebab itu berikut beberapa dampak buruk dari Bulimia yang sering memuntahkan makan secara paksa yakni:

Pertama. Kerongkongan Pecah -Dampak buruk orang yang suka memuntahkan makanan secara paksa akibat mengidap Bulimia yang ke satu yakni Kerongkongan pecah.

Muntah berulang yang kuat juga bisa menyebabkan esofagus pecah. Hal ini disebut sindrom Boerhaave. Apabila kerongkongan pecah tentunya kalian harus segera dioperasi.

Kedua. Koneksi Diabetes – Penelitian telah menunjukkan hubungan antara diabetes dan bulimia. Jika kamu memiliki diabetes tipe 1 dan gangguan makan, kamu mungkin juga memiliki kondisi yang kerap disebut diabulimia.

Baca Juga:  Pergeseran Tanah Rusak Rumah-rumah Warga Di Kecamatan Cibugel Sumedang

Istilah ini dimaksudkan untuk menggambarkan orang dengan diabetes yang tergantung pada insulin dan sengaja mengambil kurang dari yang seharusnya untuk mencoba menurunkan berat badan. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti stroke atau koma atau bahkan dapat menyebabkan kematian.

Ketiga. Masalah Mulut – Akibat dari sering memuntahkan makan karena mengidap bulimia yang ketiga yakni munculnya masalah mulut. Hal tersebut terjadi karena Asam lambung yang muntah dapat merusak enamel gigi serta membuat gigi sensitif terhadap panas dan dingin.

Baca Juga:  Wisata Pantai Puncak Guha Garut Cocok Untuk Liburan Lebaran

Asam lambung juga dapat mengubah warna gigi dan menyebabkan penyakit gusi. Memuntahkan makanan juga bisa menciptakan luka yang menyakitkan di sudut mulut dan rasa sakit di tenggorokan. Dan bulimia dapat menyebabkan kelenjar ludah membesar di mulut. (Red)