• Sabtu, 27 November 2021

Begini Cara Membeli Saham Bagi Para Pemula, Pahami Tahapannya

- Senin, 31 Mei 2021 | 18:38 WIB
Ilustrasi Saham (Foto: universalbroker)
Ilustrasi Saham (Foto: universalbroker)

JABARNEWS | BANDUNG - Saham adalah salah satu instrumen investasi. Saham merupakan bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Cara membeli saham bagi pemula menjadi dasar penting sebelum melangkah ke tingkat selanjutnya. Sebab, banyak orang yang tidak menghiraukan cara membeli saham bagi pemula ini dan akhirnya gagal. Padahal, saham sendiri membutuhkan proses belajar yang bertahap dan tidak bisa dalam waktu singkat.

Oleh Sebab itu berikut beberapa cara membeli saham untuk pemula yakni:

Pertama. Tentukan Perusahaan Sekuritas - Cara membeli saham bagi pemula yang kesatu, yaitu dengan menentukan mana perusahaan sekuritas yang akan membantu Anda untuk menjadi perantara ketika bermain saham.

Sebab, perusahaan sekuritas ini memiliki peran sebagai perantara untuk Anda melakukan jual beli saham dan akan membantu dalam pembukaan rekening saham di BEI. Itulah mengapa, Anda perlu menentukan dan juga memastikan perusahaan sekuritas mana yang akan dipercaya.

Kedua. Belajar dan Pahami Ilmu Dasar Saham - Cara membeli saham untuk pemula yang kedua yakni dengan mempelajari dan memahami apa itu saham dan bagaimana mekanisme saham tersebut dapat dijalankan.

Hal ini sangat perlu dilakukan dan menjadi hal yang sangat fundamental. Apabila dilewatkan, hanya akan membuat Anda menjadi bingung dan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan ketika bermain saham.

Selain itu, Anda juga sangat perlu memahami keuntungan dan risiko yang biasa terjadi di dalam investasi saham. Tentu, tujuannya agar Anda lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi kedepannya.

Ketiga. Mulai Memilih Saham - Kalian harus menentukan mana saham yang akan dibeli. Akan tetapi, sebelum membeli saham tersebut, jangan lupa untuk memilih jenis saham yang paling menguntungkan.

Selain menguntungkan, saham tersebut juga harus memiliki risiko yang rendah. Kondisi mengenai risiko saham tersebut bisa Anda lihat dari kondisi perusahaannya, grafik harga saham perusahaan tersebut, serta Anda juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang Anda percaya untuk memilih saham terbaik.

Keempat. Lakukan Pembelian Saham - Selanjutnya, ketika Anda sudah menentukan mana saham yang akan dibeli, maka Anda bisa mulai untuk membeli saham yang sudah dipilih tersebut.

Untuk membeli saham tersebut, Anda bisa membeli melalui broker untuk membeli saham yang Anda inginkan atau Anda juga bisa membelinya sendiri melalui aplikasi trading saham online. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Ternyata Ini Penyebab Listrik Rumah Mati Mendadak

Jumat, 26 November 2021 | 16:49 WIB

Mengenal Ragam Manfaat Pohon Pule Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 26 November 2021 | 16:06 WIB

Begini Tips Agar Terhindar Penyakit Saat Musim Hujan

Jumat, 26 November 2021 | 13:06 WIB

Begini Tanda Seseorang Sudah Dewasa Secara Emosional

Jumat, 26 November 2021 | 11:35 WIB

Ini Dia Kebiasaan Buruk Padangan yang Susah Diubah

Jumat, 26 November 2021 | 11:05 WIB

Tips Merawat Kolam Ikan di Rumah Agar Tetap Awet

Jumat, 26 November 2021 | 09:35 WIB

Tiga Makanan Penambah Berat Badan yang Ada di Rumah

Jumat, 26 November 2021 | 09:05 WIB

Begini Tips Agar Promosi Sukses di Instagram

Kamis, 25 November 2021 | 16:15 WIB

Yuk Simak Cara Membersihkan Kloset Duduk yang Kuning

Kamis, 25 November 2021 | 14:44 WIB
X