Tiga Manfaat Liburan Bagi Kesehatan Mental, Diantaranya Meningkatkan Fungsi Otak

JABARNEWS | BANDUNG – Saat merasa penat karena rutinitas harian yang padat, kebanyakan orang mungkin akan memilih untuk pergi berlibur. Siapa sangka bahwa ini adalah pilihan yang tepat.

Selain bisa membantu menyegarkan pikiran yang penat, liburan juga bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

Dilansir dari alodokter kami berhasil merangkum beberapa manfaat liburan yakni:

Pertama. Meningkatkan fungsi otak – Terlalu banyak pekerjaan yang dijalani setiap hari, apalagi dengan waktu istirahat yang sedikit, dapat berpengaruh terhadap fungsi otak dan bahkan bisa menyebabkan gangguan memori. Akibatnya, Anda mungkin akan merasa sulit berkonsentrasi dan mengingat banyak hal.

Baca Juga:  DAM Pertahankan Gelar Juara di AH-TSC 2018

Penelitian menunjukkan bahwa dengan meluangkan waktu untuk berlibur, Anda dapat menyegarkan pikiran dan membantu otak berfungsi dengan baik kembali, sehingga Anda menjadi lebih fokus, produktif, dan berenergi.

Kedua. Meredakan stres – Meluangkan waktu untuk berlibur dan istirahat sejenak dari berbagai tekanan kehidupan sehari-hari bisa memberikan waktu istirahat dan tidur yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, tak mengherankan jika liburan bisa membantu meredakan stres, bahkan mengurangi risiko depresi.

Baca Juga:  Ini Dia Tanda Pasangan Tak Cinta Lagi, Kalian Mesti Tahu!

Bahkan, riset menunjukkan bahwa manfaat liburan ini dapat bertahan hingga 5 minggu setelah liburan. Manfaat ini juga tidak terbatas untuk liburan yang panjang, liburan singkat dan sederhana pun bisa memberikan dampak yang besar terhadap pemulihan ketegangan dan stres yang dirasakan sehari-hari.

Ketiga. Memperkuat imunitas tubuh – Bekerja terlalu keras atau stres yang disebabkannya dapat membuat tubuh melepaskan hormon yang melemahkan sistem kekebalan atau imun. Akibatnya, Anda mungkin lebih mudah terkena flu atau bahkan kondisi yang lebih serius, seperti irritable bowel syndrome.

Baca Juga:  Layanan Daur Ulang Sampah Octopus Kini Hadir di Depok, Bogor dan Bekasi

Nah, efek relaksasi dan rasa bahagia yang dirasakan setelah berlibur dipercaya dapat memperkuat sistem imun Anda. Hal ini didukung oleh studi yang mengatakan bahwa orang yang sering berlibur cenderung lebih sehat dan panjang umur. Sayangnya, manfaat liburan yang satu ini masih perlu ditelaah lebih lanjut. (Red)