• Jumat, 22 Oktober 2021

Mengenal Colenak Sebagai Salah Satu Kuliner Bandung Jawa Barat

- Jumat, 11 Juni 2021 | 20:08 WIB
Colenak Kuliner Bandung (Foto: nubandung)
Colenak Kuliner Bandung (Foto: nubandung)

JABARNEWS | BANDUNG - Nama colenak tak asing bagi warga Jabar. Makanan khas Sunda ini terbuat dari tape singkong yang bakar dan disajikan dengan gula jawa cair yang sudah dicampur dengan parutan kelapa.

Pada mulanya, kudapan manis ini mempunyai nama peuyeum digulaan (tape dicampur gula). Namun atas saran dari pelanggan setia di zamannya, cemilan ini berganti nama menjadi colenak. Artinya, makin dicocol makin enak rasanya.

Rasanya yang manis dan lezat, membuat kudapan ini disukai banyak orang. Saking populernya, colenak bahkan jadi bagian dari salah satu event bersejarah Indonesia.

Camilan ini jadi salah satu sajian yang dihidangkan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung 1955 yang dihadiri Presiden Soekarno dan para pimpinan negara.

Colenak sudah menjadi camilan manis khas Jawa Barat sejak 1930. Murdi, penjual jajanan di daerah Cicadas, Bandung adalah yang saat itu pertama menjual colenak. Sampai saat ini, colenak Murdi Putra masih jadi salah satu jajanan yang tak boleh terlewat di Bandung.

Sebagaimana kalian tahu, Kuliner Bandung yakni Colenak ini memiliki rasa dan ciri khas yang membedakan dengan beberapa jenis makanan lainnya.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa hingga saat ini masih tren dan cukup populer di kalangan pecinta kuliner tradisional, Sunggu nekjubkan bukan kuliner khas bandung satu ini. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Waspada! Ini Dia Beberapa Zodiak Rentan Depresi

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:01 WIB

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan, Lakukan Cara Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Perempuan Bermental Baja Dan Cantik, Ini Ciri-cirinya

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:25 WIB

Yuk Simak! Tips Gadai Sertifikat Rumah Agar Aman

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:26 WIB
X