Tiga Gerakan Olahraga Yoga Ini Cocok Dilakukan Ibu Hamil

JABARNEWS | BANDUNG – Olahraga Yoga merupakan salah satu olahraga yang paling tepat untuk ibu hamil karena yoga merupakan penggabungan antara olahraga fisik dengan latihan pernapasan yang sangat baik untuk kehamilan dan persiapan persalinan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang rutin melakukan olahraga yoga, memiliki risiko yang lebih rendah dalam hal kelahiran prematur. Rata-rata, para ibu yang rajin melakukan yoga memiliki tekanan darah lebih rendah dan perkembangan janin lebih sehat.

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis gerakan olahraga yoga yang cocok untuk ibu hamil yakni:

Baca Juga:  Cuaca Ekstrem di Jawa Barat Selama Maret dan April 2023, Begini Penjelasan BMKG

Pertama. Bridge – Bentuk posisi seperti jembatan dengan membiarkan badan Anda terlentang kemudian menekukan kedua kaki dan mengangkat panggul setinggi yang Anda bisa lakukan. Gerakan ini akan membuat otot vagina, paha, serta lutut berlatih menopang kekuatan dan meringankan beban badan.

Posisi Yoga ini aman dilakukan dalam kondisi kehamilan usia berapapun, karena tidak beresiko membuat Anda kelelahan atau resiko berat lainnya yang mungkin terjadi saat kehamilan.

Baca Juga:  72 KPM Warga Cibadak Cianjur Terima BLT DD, Begini Imbauan Polisi

Kedua. Cat Cow – Pose Yoga dengan posisi Cat Cow ini dapat membantu meringankan keluhan tersebut dengan baik. Anda bisa meredakan ketegangan atau ketidaknyamanan di punggung serta menghilangkan beban di perut saat awal masa kehamilan.

Lakukan pose merangkak dengan lutut dibuka selebar pinggul, kemudian rentangkan tangan selebar bahu di atas matras. Anda bisa menarik nafas dan kepala menghadap ke atas, biarkan punggung Anda merasakan tarikan otot yang bergerak secara alami.

Ketiga. Crescent Lunge – Lakukan pose Yoga ini saat usia kehamilan memasuki trimester akhir menuju persalinan. Pose Crescent Lunge dilakukan dengan posisi kuda dengan satu kaki diselonjorkan ke arah belakang badan hingga lurus, usahakan posisi kaki terasa nyaman sehingga saat menarik lurus ke belakang tidak terasa sakit.

Baca Juga:  Kecam Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar, Bupati Sergai: Tidak Bermoral

Setelah dirasa nyaman, Anda harus mengangkat tangan ke atas lurus setinggi yang bisa dilakukan dan jaga keseimbangan selama gerakan dilakukan. Lakukan berulang dengan arah meluruskan arah kaki yang berlawanan, hitung hingga delapan detik di masing-masing gerakan. (Red)