Mengenal Empal Gepuk Sebagai Kuliner Khas Sunda Di Jawa Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Gepuk adalah menu olahan dari daging sapi yang kaya akan rempah. Daging yang digunakan untuk membuat gepuk sebaiknya bagian paha depan sapi. Menu olahan gepuk sangat terkenal di daerah Jawa Barat.

Gepuk juga biasanya banyak dijual di warung-warung nasi atau restoran yang menyediakan menu yang satu ini. Ciri khas dari olahan gepuk adanya kelapa serundeng yang berwarna coklat.

Aroma harum dari rempah-rempah dan cita rasa yang berbeda dengan olahan daging sapi lainnya menjadikan gepuk sangat digemari semua kalangan. Proses pembuatan gepuk yang sangat panjang tidak menjadikan kita bosan untuk mengolahnya.

Baca Juga:  Telan Biaya Rp513 Miliar, Bendungan Kuningan Akhirnya Diresmikan

Karena hasil yang didapat sebanding dengan apa yang kita inginkan. Rasa sedikit manis menjadikan gepuk sunda berbeda dengan olahan gepuk dengan daerah lainnya.

Awalnya gepuk merupakan salah satu menu wajib yang dihidangkan golongan masyarakat kelas atas Sunda tempo dulu dalam setiap jamuan makan. Namun kini gepuk bisa dikonsumsi setiap saat baik untuk menu makan siang atau makan malam yang empuk lezat.

Gepuk atau yang biasa disebut empal ini merupakan salah satu olahan daging sapi yang khas. Makanan tradisional tersebut berasal dari Sunda. Daging tersebut kemudian diungkep dengan bumbu-bumbu hingga meresap dan kemudian digoreng kering saat akan dinikmati. Taburan bawang goreng dan kelapa parut biasanya turut disajikan untuk menambah rasa khas manis dan gurih dari gepuk tersebut.

Baca Juga:  Tito Karnavian Minta Kepala Daerah Yakin Laksanakan PPKM Darurat, Jangan Ragu

Istilah gepuk diperoleh dari cara pembuatannya, yaitu dengan melakukan pemukulan secara berulang hingga tekstur daging menjadi empuk. Merujuk dari proses pembuatan tersebut olahan daging ini dikenal sebagai empal gepuk, di mana empal yang dimaksud adalah daging sapi.

Bukan hanya daging sapi saja yang bisa dibuat masakan gepuk, daging ayam, daging kambing, serta tempe bisa juga dibuat gepuk. Menu gepuk daging adalah salah satu menu yang tersedia di catering nasi box tasikmalaya. Menu olahan gepuk yang banyak kita jumpai sangat cocok di santap dengan ditemani sepiring nasi box putih dan sambal.

Baca Juga:  Curug Panetean, Tempat Wisata Alam Di Tasikmalaya

Gepuk juga salah satu menu masakan yang sering kita jumpai di Hari Raya Idul Adha. Banyaknya daging, biasanya akan dibuat menjadi hidangan yang spesial. Salah satu menu yang bisa dijadikan hidangan istimewa yaitu gepuk. Bahkan gepuk juga bisa menjadi menu pelengkap ketupat di Hari Raya Idul Fitri. (Red)