Tiga Obat Alami Ini Bisa Mengatasi Sariawan Di Lidah

JABARNEWS | BANDUNG – Sariawan merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa pasalnya hal tersebut membuat kita merasa tidak nyaman ketika makan, apalagi jika sariawan terjadi di bagian lidah.

Sariawan di lidah pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, sebagian orang akan tak nyaman dengan hal tersebut. Maka dari itu Anda pun perlu mengetahui cara mengobati kasus sariawan di lidah yang berukuran besar dan terasa amat sangat menyakitkan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa obat alami yang bisa meredakan sariawan di lidah yakni:

Baca Juga:  Asik Mainkan Smartphone Curian, Pelaku Curanmor Asal Asahan Ditangkap

Pertama. Kumur air garam – Garam merupakan salah satu obat alami sariawan di lidah ini diklaim dapat membasmi bakteri dan kuman jahat di mulut. Hal ini yang dapat membantu meringankan peradangan di area yang terluka.

Cara membuat obat sariawan di lidah satu ini terbilang mudah. Anda cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dalam air hangat sampai larut. Kumur-kumur ke seluruh penjuru mulut selama 1-2 menit lalu buang airnya.

Baca Juga:  DPRD Kabupaten Bekasi Panggil PT Fajar Paper Surya Wisesa Terkait IPLC

Kedua. Es batu – Dalam beberapa hari, sariawan di lidah bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempes dan sembuh, Anda bisa mengompres lidah dengan es batu. Obat sariawan di lidah yang satu ini manjur untuk mengempiskan bengkak pada jaringan mulut yang terluka.

Ambil beberapa bongkah es batu dari dalam freezer. Lalu bungkus es batu dengan selembar waslap atau kain kering yang bersih. Setelah itu, tempelkan kain di bagian lidah yang sariawan selama beberapa menit.

Baca Juga:  Pasien Covid-19 Varian Omicron di RSUD Al Ihsan Berasal dari Otista Soreang

Ketiga. Teh celup – Obat alami untuk mengatasi sariawan di lidah yang bisa Anda coba lainnya adalah teh celup. Daun teh dipercaya dapat membantu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan.

Selain itu, manfaat teh sebagai salah satu cara mengobati sariawan di lidah juga mengandung alkali yang bisa menetralkan asam di mulut yang bisa membuat sariawan terasa perih. (Red)