Berikut Beberapa Arti Kode Transmisi Otomatis Pada Mobil Matic

JABARNEWS | BANDUNG – Jenis transmisi otomatis tentu punya kelebihan serta kekurangan. Akan tetapi bukan hal tersebut yang akan kita bahas. Melainkan kali ini kami akan menjelaskan mengenai arti kode transmisi otomatis yang umumnya dibuat dalam bentuk huruf atau digit angka.

Memahami arti kode pada transmisi otomatis serta fungsi masing-masing huruf atau digit angka tersebut tentunya akan membuat kita lebih mudah mengoperasikan serta memanfaatkannya.

Oleh sebab itu Berikut Arti Kode Transmisi Otomatis:

Pertama. P (Parking) – Fungsi utama dari kode transmisi otomatis ini sebagai pengunci atau untuk mengunci transmisi agar mobil sama sekali tidak dapat digerakan baik maju maupun mundur. Namun perlu diingat kode ini beda dengan fungsi rem parkir.

Baca Juga:  Baru 71 Desa Di Ciamis Terima Dana Desa

Pada saat kalian memposisikan tuas transmisi otomatis di posisi P, sebenarnya kondisi ban masih bisa berputar atau bergerak. Tetapi hal tersebut tidak terjadi pada bagian mesin, kenapa? karena bagian transmisi sudah terkunci.

Kedua. R (Reverse) – Pada bagian transmisi otomatis juga ada kode bertuliskan “R” atau memiliki arti Reverse. Pada intinya fungsi dari kode transmisi ini untuk memberitahu kalian bahwa kondisi kendaraan sudah bisa di jalankan atau digerakkan.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Kerahkan Petugas Disinfeksi Sasar Simpul Keramaian

Hanya saja pergerakan kendaraan saat tuas transmisi berada pada posisi R akan berjalan mundur atau ke belakang. Dan dengan adanya fungsi dari transmisi otomatis ini, makan akan memungkinkan kalian bisa memarkirkan mobil dengan mudah baik itu parkir lurus maupun parkir Pararlel.

Ketiga. N (Neutral) – kode transmisi bertuliskan huruf “N” yang memiliki arti Neutral. Artinya ketika kalian memposisikan tuas transmisi otomatis pada bagian huruf N ini. Maka akan dipastikan mesin mobil akan berada dalam keadaan netral.

Sehingga ketika rem parkir tidak kalian aktifkan, sudah pasti kendaraan akan dapat digerakkan baik maju maupun mundur dengan cara didorong tanpa harus mesin hidup.

Baca Juga:  Emil Ajak Akademisi Edukasi Masyarakat Lawan Hoax

Keempat. D (Drive) – Kemudian arti kode transmisi otomatis yang berikutnya yakni huruf “D” atau Drive. Ketika posisi kendaraan dengan transmisi otomatis kalian arahkan tuas ke huruf D. Maka mobil akan dapat berjalan dengan lancar dan normal di medan jalan dilalui.

Namun pastikan pada saat menggunakan fungsi huruf D pada tuas transmisi otomatis ini. Medan jalan yang dilalui harus rata, halus dan melandai. Jangan pernah menggunakan mode D pada saat melewati jalanan menanjak. (Red)