Waspada! Ini Tanda Keputihan Abnormal, Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Keputihan normal kerap dialami oleh banyak wanita. Hal ini tidak membutuhkan penanganan karena tidak berbahaya. Namun, jika keputihan yang muncul dirasa mengganggu atau muncul bersama keluhan lain, maka kondisi ini tidak normal.

Jika kamu mengalami keputihan yang berbeda, mungkin kamu sedang mengalami masalah kesehatan tertentu atau keputihan abnormal.

Oleh sebab itu berikut beberapa tanda keputihan abnormal yang berbahaya yakni:

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Gemini Hari Ini

Pertama. Terjadi Perubahan Tekstur, Warna, dan Bau – Apabila cairan keputihan yang keluar dari Miss V memiliki warna kekuningan dan menimbulkan aroma yang tidak sedap, bisa jadi kamu terkena infeksi vagina akibat bakteri atau jamur.

Jangan sepelekan, segera tanyakan pada dokter jika kamu mengalami gejala ini agar pengobatan bisa segera dilakukan.

Kedua. Gatal dan Terasa Sakit – Selain tekstur, warna, dan bau, cairan keputihan dikatakan tidak normal apabila menimbulkan rasa gatal dan sakit yang mengganggu. Ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah serius dalam Miss V.

Baca Juga:  Dampak Sering Minum Teh Manis bagi Kesehatan Tubuh

Infeksi jamur bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal, bengkak, dan sakit di sekitar vulva. Tidak hanya itu, Miss V yang terkena infeksi jamur juga akan terasa sakit ketika berhubungan intim.

Ketiga. Berbusa – Keputihan yang normal tentu tidak berbusa. Namun, jika cairan keputihan mengeluarkan berbusa dan diikuti dengan aroma yang tidak sedap, itu berarti kamu terkena trikomoniasis.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Gemini Hari Ini

Penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis ini menyebabkan cairan keputihan mengalami perubahan warna menjadi kuning atau kehijauan, berbusa, berbau busuk, dan membuat Miss V gatal dan nyeri saat buang air kecil. (Red)