Tiga Tokoh Cerita Rakyat Yang Terkenal Karena Kecerdikannya

JABARNEWS | BANDUNG – Jaman dulu, pesan moral dan nilai kebajikan umumnya disampaikan dengan cara yang menghibur. Misalnya lewat wayang, fabel, cerita rakyat, atau anekdot.

Cerita-cerita tersebut biasanya menggunakan karakter yang bersifat cerdik atau bijak. Namun tak jarang juga licik. Hal tersebut bahkan membuat karakter di dalamnya menjadi terkenal.

Oleh sebab itu berikut beberapa tokoh cerita rakyat yang terkenal dengan kecerdikannya yakni:

Baca Juga:  Kapolres Cianjur Buka Suara Soal Aksi Premanisme dan Pungli

Pertama. Kabayan – Tanah Sunda atau Jawa Barat juga punya tokoh cerita berperangai sejenis. Dialah Kabayan, pria desa yang polos, lucu, namun tak jarang menunjukkan kecerdasan dalam menghadapi masalah sehari-hari di sekitarnya.

Kisahnya dituturkan secara lisan sejak abad 19 sampai sekarang. Bahkan sudah sering diadaptasi ke layar kaca maupun layar lebar. Karena itu tokoh tersebut banyak dikenal.

Kedua. Abu Nawas – Abu Nuwas al-Ḥasan ibn Hani al-Ḥakami atau lebih dikenal dengan nama Abu Nawas adalah salah satu penyair Arab terbesar yang sering muncul dalam dongeng atau cerita dari 1001 Malam. Sosoknya sering digambarkan sebagai cendekia yang menyelesaikan berbagai masalah dengan kecerdikan.

Baca Juga:  Seorang Pria Tenggelam di Sungai Cimanuk Indramayu Berhasil Ditemukan

Cerita yang melibatkan dirinya umumnya berbentuk tantangan penuh resiko dari Raja Harun Al-Rasyid. Walaupun dalam cerita dia selalu berhasil lolos dari celaka, Abu Nawas di kehidupan nyata justru menghabiskan hari-hari terakhirnya di penjara.

Baca Juga:  Tiga Keutamaan Shalat Witir Saat Bulan Ramadhan, Diantaranya Bisa Kabulkan Doa

Ketiga. Loki – Terakhir, ada Loki sang dewa licik yang kerap mengisengi para dewa Asgard dengan tipu muslihatnya. Karena kenakalannya, dia kerap bermasalah dengan Thor, Odin, dan dewa lainnya. Namun tak jarang juga dia menggunakan akal untuk melindungi keberadaan para dewa saat melawan raksasa. (Red)