Inilah Tiga Penyebab Munculnya Mata Ikan, Sering Terjadi Pada Kaki

JABARNEWS | BANDUNG – Mata ikan biasanya berbentuk bulat dengan ukuran lebih kecil daripada kapalan, memiliki bagian tengah keras, dan dikelilingi kulit yang meradang. Selain bentuknya yang dapat mengganggu keindahan kulit, mata ikan ini juga dapat disertai dengan rasa nyeri, luka, dan infeksi.

Mata ikan (dan juga kapalan) disebabkan oleh adanya gesekan dan tekanan. Penyebab paling sering timbulnya mata ikan adalah penggunaan sepatu yang salah. Tentunya hal tersebut mesti kalian perhatikan.

Baca Juga:  Mini Lab Mobile Jamin Pangan Aman

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab mata ikan yakni:

Pertama. Menggunakan Sepatu yang Salah – Penyebab munculnya mata ikan yang pertama yakni penggunaan sepatu yang salah. sepatu yang tidak nyaman atau salah ukuran juga ikut berpengaruh terhadap faktor risiko terjadinya mata ikan.

Biasanya hal tersebut sering terjadi kepada wanita. Hal ini dapat berhubungan dengan penggunaan sepatu. Wanita sering menggunakan sepatu hak yang tidak menunjang berat badan dengan baik.

Baca Juga:  Media Harus Jadi Pengawal Pilkada

Kedua. Tidak Menggunakan Kaos Kaki – Tanpa adanya lapisan yang melindungi antara kaki dan dasar sepatu, gesekan pada kulit dapat dengan mudah terjadi. Meski terkesan sepele, kondisi tersebut dapat menjadi penyebab mata ikan di kaki. Apalagi bila Anda memiliki berat badan berlebih.

Baca Juga:  Kampanye Pencegahan HIV/AIDS Bagi Kelompok Berisiko Tinggi

Agar terhindar dari mata ikan, gunakanlah kaos kaki saat hendak mengenakan sepatu. Bahkan bila perlu, Anda dapat menggunakan kaos kaki yang lebih tebal.

Kedua. Terlalu sering Berjalan atau Berlari – Meskipun pada umumnya bergerak memiliki manfaat sehat bagi tubuh, aktivitas fisik ini juga bisa menjadi penyebab mata ikan. Berlari dan berjalan dengan frekuensi berlebihan dapat memicu mata ikan akibat tekanan terus-menerus yang diberikan. (Red)