Sering Merasa Ngantuk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Sering mengantuk dapat disebabkan oleh berbagai hal, dari kurangnya jam tidur, kelelahan, hingga penyakit tertentu. Tidur sama pentingnya dengan makan dan minum  bagi tubuh kita.

Kerugian yang didapat dari kurang tidur atau sering mengantuk adalah rentan melakukan kesalahan dalam pekerjaan atau aktivitas karena mengganggu konsentrasi.

Baca Juga:  OTT KPK di Bandung, Sembilan Orang Ditangkap

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab mudah ngantuk yakni: 

Pertama. Konsumsi minuman alkohol – Minuman beralkohol dalam kadar tertentu dapat membuat seseorang mengantuk. Tentunya hal tersebut bisa kalian hindari.

Tetapi jangan salah, dampak jangka panjangnya ternyata dapat mengacaukan pola tidur dan akan membuat seseorang menjadi sering mengantuk karena kualitas dan jam tidurnya terganggu.

Baca Juga:  Seorang Penggali Sumur di Sindangbarang Cianjur Tewas Tertimbun Longsor

Kedua. Sindrom kaki gelisah – Salah satu penyebab sering mengantuk karena tidur yang terganggu adalah sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome (RLS). 

Sindrom ini merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan seseorang mendapatkan dorongan tidak tertahankan untuk menggerak-gerakkan kaki saat berbaring.

Baca Juga:  Makin Tua Makin Jadi, Kakek Jadi Jurtul Togel Ditangkap Polsek Tiga Juhar

Ketiga. Narkolepsi – Jika seseorang kerap mengantuk secara berlebihan di siang hari, bisa jadi merupakan gejala terkena narkolepsi. 

Narkolepsi juga ditandai dengan ketidakmampuan menahan rasa ingin tidur yang terjadi secara berkelanjutan di luar waktu tidur normal. (Red)