Angkat Beban, Olahraga Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Dan Otot

JABARNEWS | BANDUNG – Olahraga angkat beban sudah sangat dikenal oleh masyarakat untuk meningkatkan kekuatan dan bentuk otot. Apalagi Saat ini, olahraga satu ini sedang banyak diperbincangkan karena berhasil mendapatkan dua medali untuk Indonesia dalam olimpiade Tokyo 2020.

Latihan angkat beban memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya sekedar untuk meningkatkan kekuatan otot, ternyata masih banyak manfaat lain dari olahraga angkat beban.

Baca Juga:  Oded: Kami Akan Fasilitasi Seniman Lukis Di Jalan Braga

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat olahraga angkat beban bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Menambah ketahanan tubuh – Selain dijadikan latihan penambah kekuatan otot, olahraga angkat beban juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Saat melakukan olahraga ini, Anda semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh. tentunya hal tersebut bisa kalian lakukan. Namun, untuk pemula ada baiknya didampingi oleh instruktur.

Baca Juga:  Jabar Siapkan Lima Filling Station Oksigen, Ini Lokasinya

Kedua. Mengurangi lemak – Siapa bilang latihan angkat beban tidak bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan. Faktanya, olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh.

Bahkan, tubuh akan terus-menerus membakar kalori seusai melakukan latihan angkat beban. Bertambahnya massa otot juga meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar kalori yang dikonsumsi.

Ketiga. Kesehatan tulang lebih optimal – Sejak usia 30 tahun, Anda akan kehilangan massa tulang sedikit demi sedikit setiap tahunnya. Nah, latihan angkat beban dapat menjadi solusi dari hal tersebut, karena terbukti mampu melindungi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Baca Juga:  Jadi Tersangka Mafia Tanah Kas Desa Senilai Rp56 Miliar, Kades Cikole Lembang Dinonaktifkan

Penelitian bahkan mengatakan bahwa melakukan strength training seperti angkat beban sebanyak dua kali seminggu selama tiga puluh menit per sesi akan memperbaiki kepadatan, struktur, dan kekuatan tulang pada wanita yang sudah menopause. (Red)