Tiga Kesalahan Menggunakan Masker Yang Sering Terjadi Namun Tidak Disadari

JABARNEWS | BANDUNG – Penggunaan masker ketika keluar rumah Pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini merupakan hal yang wajib dilakukan seluruh orang. Hal ini menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan di manapun.

Penggunaan masker ini diharap bisa menekan laju penyebaran COVID-19 yang masih terus meningkat. Terutama ketika vaksin dari penyakit ini masih belum ditemui.

Sayangnya masih banyak orang yang enggan menggunakan masker secara tertib. Sejumlah orang juga kerap menggunakan masker secara sembarangan sehingga tidak optimal.

Baca Juga:  Perbanyaklah Sedekah Di Hari Jumat, Dan Ini Manfaatnya

Oleh sebab itu berikut beberapa kesalahan menggunakan masker yang sering terjadi namun tidak disadari yakni:

Pertama. Menggunakan Masker dengan Ukuran Tidak Tepat – Banyak orang menggunakan masker dengan ukuran yang tidak benar-benar tepat terutama pada anak-anak. Masker yang terlalu kecil bisa membuat banyak bagian wajah tetap terpapar sedangkan ukuran terlalu besar bisa terlalu longgar dan mudah terbuka.

Selain itu, pastikan juga agar masker tidak terlalu ketat karena bisa membuatmu kesulitan bernapas. Namun pastikan juga tidak terlalu besar agar bisa berada pada posisi yang tepat di wajah terutama menutupi hidung, mulut, dan dagu.

Baca Juga:  Ada 11 Daerah di Jabar Masuk Zona Merah, Ridwan Kamil Rencanakan Ini

Kedua. Menyentuh dan Menggeser Masker – Penggunaan masker merupakan hal yang dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi dari dan ke orang lain. Jika kamu kerap mencopot, menyentuh, atau menggeser masker, manfaat dari masker ini tidak bakal optimal.

Menutup wajah dengan rapat dan sempurna bisa membatasi masuknya virus. Sering menyentuh atau menggeser masker juga bisa membahayakanmu terutama jika di bagian depan masker ada virus yang menempel.

Baca Juga:  Jadi Tuan Rumah Hari Lanjut Usia Nasional, Dinsos Jabar Dorong Kesejahteraan Lansia

Ketiga. Tidak Membawa Masker Cadangan – Ada kemungkinan masker kita bakal terjatuh atau terlupa ketika keluar rumah. Ketika masker yang kita gunakan terjatuh dan kotor, maka menggunakannya malah bisa berbahaya.

Oleh karena itu, disarankan untuk membawa masker cadangan ketika kita keluar rumah. Hal ini perlu menjadi sebuah rutinitas yang diterapkan di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. (Red)