Tiga Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan, Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Kecipir merupakan salah satu sayuran dengan zat gizi yang paling beragam. Sayuran ini mengandung karbohidrat, protein, dan bahkan lemak dalam jumlah kecil yang biasanya jarang ada pada sayuran.

Selain itu, Kecipir Dikenal sebagai sayuran serbaguna bergizi lengkap, kandungan kecipir dipercaya menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumbek kami berhasil merangkum beberapa manfaat Kecipir bagi kesehatan yakni:

Pertama. Menghambat penuaan dini – Sel-sel tubuh akan menua seiring usia. Dampaknya, muncullah gejala penuaan seperti keriput dan flek hitam pada kulit. Penuaan merupakan hal yang alamiah, tapi proses ini dapat bertambah cepat bila Anda sering terkena radikal bebas dari lingkungan.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kabupaten Purwakarta, Kamis 27 April 2022

Kecipir mengandung mineral tembaga yang merupakan antioksidan kuat. Bersama enzim superoxide dismutase (SOD), mineral ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini.

Kedua. Memperkuat sistem kekebalan tubuh – Seratus gram kecipir mengandung 19 miligram vitamin C yang bisa memenuhi sekitar 20 – 30% kebutuhan harian Anda. Mengutip laporan jurnal Nutrients, vitamin C merupakan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Hendak Istirahat, Seorang Pemudik Tewas di Atas Jembatan Tol Cipali

Vitamin C membantu meningkatkan produksi limfosit dan fagosit, yaitu sel darah putih yang bertugas melawan infeksi di dalam tubuh. Selain itu, sifat antioksidan vitamin ini juga melindungi sel-sel darah putih dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas.

Ketiga. Membantu menurunkan berat badan – Anda bisa merasa kenyang lebih lama dengan makan kecipir, sebab kandungan serat pada sayuran ini bertahan lama di dalam lambung. Hal ini akan mengurangi keinginan untuk makan sehingga membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga:  Teror Bom di Garut, Kapolda Jabar: Masyarakat Jangan Panik

Kecipir juga termasuk bahan makanan rendah kalori. Jadi, selain membuat Anda kenyang, sayuran yang tergolong kacang-kacangan ini juga tidak akan memberikan kalori berlebih yang dapat berubah menjadi timbunan lemak. (Red)