Kampung Boneka Di Desa Sayati Hilir Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Mainan menyerupai orang, hewan atau tokoh kartun yang disebut boneka banyak disukai anak-anak hingga orang dewasa. Aneka boneka tersebut, sejatinya banyak bisa ditemukan di Desa Sayati Hilir.

Desa Kopo sayati merupakan daerah yang terletak di kabupaten Bandung provinsi Jawa Barat. Disana terdapat sebuah perkampungan yang penduduknya merupakan pengrajin boneka.

Kampung boneka tersebut terletak di Jalan Sayati Hilir, Desa Sayati Hilir Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Lokasi kampung boneka ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan tempat wisata di kota Bandung ke arah kawasan tempat wisata di Bandung selatan seperti Ciwidey dan Pangalengan. Saat keluar dari gerbang tol Kopo, lokasi bisa ditempuh dengan waktu 15 menit hingga 20 menit.

Baca Juga:  TAPP MARKET, APLIKASI MARKETPLACE GAYA BARU TELAH HADIR DI KOTA BANDUNG

Bagi warga setempat, nama sentra boneka di Desa Kopo Sayati ini lebih dikenal dengan nama sentra boneka kampung Cedok. Saat memasuki wilayah Cedok, pemandangan di kanan kiri jalan adalah rumah-rumah penduduk yang penuh dengan boneka.

Di wilayah tersebut terdapat lebih dari lebih 20 rumah yang memproduksi boneka dan setiap rumah rata-rata memiliki pekerja masing-masing yang membuat boneka. Boneka-boneka yang mereka produksi diantaranya boneka binatang dan boneka tokoh kartun.

Selain boneka, para pengrajin ini juga memproduksi tas karakter tokoh kartun, bantal dan guling, gantungan kunci hingga sofa kecil. Kampung Boneka Kopo Sayati bukanlah tempat asing.

Sejak 2010, pemerintah Kabupaten Bandung telah menetapkan tempat itu sebagai sentra kerajinan boneka yang sudah ada sejak 30 tahun silam. Dan saat diketahui oleh Dinas Perindustrian, mulai ada pembinaan serta bantuan seperti modal usaha, peralatan, hingga pelatihan membuat boneka.

Baca Juga:  Bawaslu Purwakarta Sarankan KPU Pasang Pendingin di Lokasi Sorlip Susu

Setiap harinya, kampung ini bisa memproduksi boneka hingga ratusan. Berawal dari usaha turun temurun, sampai akhirnya sekarang bisa menjadi sentra usaha yang menguntungkan banyak pihak. Tidak hanya di Bandung saja, sentra boneka ini juga sudah mencakup jangkauan luas di kota besar sampai ke beberapa negara tetangga.

Tercatat, tempat ini pernah mendapat pesanan boneka untuk maskot Bekantan saat Pekan Olahraga Nasional Wartawan di Kalimantan dan maskot harimau Sumatera untuk pekan olahraga negara-negara Islam di Palembang, Sumatera Selatan.

Baca Juga:  Seniman Mengeluh, Eksistensi BMKK Tak Jelas

Untuk harga boneka di Kampung Boneka Kopo Sayati ini bervariasi, ada boneka yang terkecil mulai dari Rp 5.000 hingga boneka yang besar dengan harga Rp 1.500.000. Meskipun harga bonekanya terhitung murah namun kualitas boneka dari Kampung Boneka Sayati ini cukup bagus, mulai dari bahan dan jahitannya yang rapi.

Daya tarik dari lokasi pengrajin Boneka di Kopo Sayati adalah, disini bisa menemukan sebuah tempat yang memproduksi beragam boneka dengan segala ukuran, dari mulai yang terkecil hingga yang sangat besar.

Dan yang memproduksi boneka-boneka tersebut adalah masyarakat sekitar yang setiap rumahnya disulap menjadi sentra pembuatan boneka dan toko untuk berbelanja. (Red)