Ingin Mencoba Gaya Hidup Sehat? Begini Langkahnya

JABARNEWS | BANDUNG – Pola hidup seseorang umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Rutinitas yang padat bisa saja berpengaruh terhadap pola makan, waktu tidur, hingga bisa menyebabkan stres.

Seiring waktu, kebiasaan ini bisa berdampak terhadap daya tahan tubuh dan memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat setiap harinya agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Baca Juga:  Petugas Mulai Angkat Bangkai Pesawat Cessna Menggunakan Drum

Berikut Langkah penerapan Pola hidup sehat yakni:

Pertama. Ketahui kondisi kesehatan saat ini – Kenali kondisi kesehatan Anda saat ini, mulai dari riwayat kesehatan, alergi, hingga penyakit kronis yang diderita.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda secara keseluruhan dan mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit yang diderita.

Baca Juga:  PNS Dipensiunkan Dini Secara Massal Akibat Perampingan, Apa Benar?

Kedua. Lakukan aktivitas fisik – Para ahli merekomendasikan setiap orang untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga.

Anda bisa memilih aktivitas yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan. Tidak harus yang bersifat berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan di sela kesibukan Anda.

Baca Juga:  Didatangi BPPD Jabar, Camat Cikadu Bahas Rencana Pembangunan Kawasan Sains Teknologi

Ketiga. Hentikan kebiasaan buruk – Gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok atau konsumsi minuman beralkohol, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Ada beragam penyakit yang dapat muncul akibat kebiasaan buruk ini, seperti penyakit jantung dan paru-paru, PPOK, diabetes, hepatitis, hingga kanker. (Red)