Tangan Piawai Para Pengrajin Bonsai Di Desa Cigunungsari Karawang

JABARNEWS | KARAWANG – Berlokasi di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Desa Gunungsari ini merupakan salah satu desa yang Terkenal dengan pengrajin tanaman Bonsai.

Bonsai sendiri merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Baca Juga:  Jadi Terdakwa, Irfan Suryanagara Tetap Digaji dan Diberikan Fasilitas Penuh dari APBD

Ada banyak jenis bonsai yang dibudidayakan oleh para pengrajin Di desa Cigunungsari ini, mulai dari kiserut, kali akar kuning, jasmin putih salju, beringin dan masih banyak lainnya.

Awal mulanya bahan bonsai diambil dari alam sekitar. Dengan kepiawaian tangan-tangan para pengrajin bonsai di Desa Cigunungsari tanaman tersebut di sulap menjadi tanaman yang indah dan bernilai jual tinggi.

Baca Juga:  Kemenkumham Jabar Berharap Kolaborasi Hak Warga Binaan dengan Pemkot Bandung Terus Berlanjut

Untuk harga sendiri, Bonsai tersebut dijual dengah harga rata-rata Rp 50.000 hingga Jutaan rupiah yang dinilai dari umur bonsainya sendiri.

Baca Juga:  Mulai Hari Ini, Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Hingga 24 Mei 2021

Bahkan, beberapa diantaranya bonsai dari desa Cigunungsari, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang ini berhasil menjuarai kontes Bonsai.

Selain sebagai pengrajin bonsai, warga di desa cigunungsari ini juga banyak yang berprofesi sebagai petani padi. Padi sendiri merupakan Komoditas utama dari Kabupaten Karawang. (Red)