Ragam Jenis Bahan Triplek Sebagai Material Bangunan Yang Banyak Diminati

JABARNEWS | BANDUNG – Salah satu material yang sangat diminati dan dipakai adalah triplek. Berbeda dari bata ataupun batu hebel, material tersebut adalah bahan yang ringan dan tidak membutuhkan sebuah tenaga ekstra untuk membawanya.

Selain itu juga, setiap jenis-jenisnya mempunyai karakteristiknya sendiri masing-masing. Namun, hal tersebut tergantung jenis bahan kayunya.

Baca Juga:  Dandim 0619 Purwakarta Minta Warga Waspada Bencana Longsor

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis bahan kayu triplek yakni:

Pertama. Teakblock – Jenis yang ini dibuat dari lembaran papan kayu jati yang sudah ditumpuk menjadi satu. Karena dibuat dari kayu jati yang kuat dan tahan terhadap rayap menjadikan papan teakblock mempunyai harga yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Jasa Marga Catat 483 Ribu Kendaraan Sudah Tinggalkan Jakarta

Kayu teakblock juga umumnya dipakai sebagai pelapis papan kayu karena tahan terhadap benturan dan perubahan kondisi cuaca.

Kedua. Medium Density Fiberboard atau MDF – Jenis papan kayu yang pertama adalah Medium Density Fiberboard atau sering disebut sebagai MDF.

Bahan ini adalah kayu lapis yang dibuat dari hasil campuran serat kayu lunak dan keras yang ditempel bersama dengan memakai lem.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Rancang Desain Penataan Relokasi PKL Tegalega

Ketiga. Melaminto – Papan melaminto adalah salah satu triplek yang seringkali disebut juga dengan istilah decorative plywood.

Bahan melaminto merupakan salah satu jenis kayu lapis yang dipakai untuk menghias dan mempercantik papan kayu. (Red)