Ini Yang Akan Terjadi Jika Motor Tidak Dipasang Aki

JABARNEWS | BANDUNG – Aki pada motor merupakan salah satu komponen untuk kelistrikan. Pada sepeda motor aki itu tidak terlalu vital fungsinya khususnya pada motor karbu.

Sementara kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spull. Namun, apakah kalian tahu bagaimana jadinya jika motor tidak menggunakan aki? tentunya hal tersebut bisa membuat motor menjadi kurang sempurna.

Oleh sebab itu berikut beberapa hal yang akan terjadi jika motor tidak pakai aki yakni:

Baca Juga:  Hari Ibu, Wuri Ma'ruf Amin: Setengah Kekuatan Bangsa Ada Di Perempuan

Pertama. Sulit Menghidupkan Motor – Untuk menghidupkan motor, kita hanya perlu menekan tombol start yang ada pada stang lalu mesin nyala dan siap digeber.

Namun sistem elektrik starter ini menggunakan tenaga listrik. Dan yang menyediakan listrik saat mesin mati hanya ada pada baterai/aki. Artinya saat motor kalian tidak pakai aki, maka kalian tidak bisa menggunakan fitur electric starter.

Baca Juga:  Braga Kota Bandung Diterjang Banjir Bandang, Bey Machmudin Minta Masyarakat Hati-hati

Kedua. Kelistrikan Motor Tidak Berfungsi Saat Mesin Mati – Saat mesin hidup, kebutuhan kelistrikan motor akan disuplai secara langsung oleh spull yang menghasilkan listrik dari putaran mesin.

Namun saat mesin mati, spull tidak akan menghasilkan listrik. Dan kalau kalian ingin menyalakan klakson atau lampu maka aki jadi sumber tenaganya.

Baca Juga:  Tim Voli Dari 6 Kecamatan Bersaing Dalam Turnamen Voli Rustandie Cup

Ketiga. Lampu Motor Sangat Redup – Dalam kondisi ini, listrik yang dihasilkan oleh spul sangat terbatas. Sehingga tidak cukup kuat untuk melayani beban kelistrikan motor dari sistem pengapian hingga penerangan. Akibatnya lampu motor akan redup dan lampu akan kembali terang apabila motor kita gas. (Red)