Kaki Kalian Kena Knalpot? Begini Cara Benar Mengatasinya

JABARNEWS | BANDUNG – Musibah bisa datang kapan saja, meski sudah berhati-hati dalam sebelum melakukan sesuatu terkadang jika sudah apes, musibah tidak bisa dihindari. Salah satunya kaki kena knalpot.

Banyak informasi yang selama ini salah dalam hal mengobati atau melakukan pertolongan pertama sesaat setelah kaki kena knalpot. Ujung-ujungnya luka menjadi lebih parah dan harus merogoh kocek ekstra untuk berobat ke dokter.

Baca Juga:  Yana Mulyana Minta Klub Motor di Kota Bandung Harus Bermanfaat Bagi Masyarakat

Oleh sebab itu berikut cara benar mengatasi luka pada kaki yang terkena knalpot yakni:

Pertama. Membasuh dengan air sejuk – Pertolongan pertama sesaat setelah kaki kena knalpot adalah dengan membasuh luka tersebut dengan air sejuk, bukan air dingin atau air hangat selama kurang lebih 5 sampai 15 menit hingga rasa perih luka bakar sudah lumayan hilang.

Baca Juga:  Iwan Fals Gelar Konser Karya Semesta, Yuk Catat Tanggalnya

Kenapa tidak boleh air dingin, sebab suhu pada kulit yang terkena knalpot akan kaget jika langsung dibasuh dengan air dingin. Hal tersebut akan berpotensi menyebabkan kulit iritasi.

Kedua. Oleskan madu – Madu bisa dipergunakan setelah luka bakar tersebut dibasuh dengan air sejuk. Oleskan madu secukupnya di bagian luka bakar tersebut.

Madu merupakan salah satu obat alami yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Sebab di dalam madu terkandung antiradang, antijamur dan antibakteri.

Baca Juga:  Pelantikan Gubernur BI Di Tengah Tekanan Rupiah

Ketiga. Mengoleskan salep – Cara lain memberikan mengobati luka bakar akibat kaki terkena knalpot adalah dengan mengoleskan salep khusus luka bakar.

Oleskan salep tersebut secukupnya pada bagian luka bakar dan kemudian tutup dengan kain kasa steril, atau sesuai anjuran dokter. (Red)