Begini Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Saat Masa Pandemi

JABARNEWS | BANDUNG – Pandemi dan Covid-19 telah banyak melakukan perubahan baik pada kondisi ekonomi dan kesehatan, tapi juga perubahan kebiasaan pada sistem perekrutan karyawan.

Jika sebelumnya kehadiran calon karyawan itu biasanya wajib di kantor/tempat untuk wawancara kerja, sekarang semua proses perekrutan baik psikotes dan wawancara bisa dilakukan secara online atau tanpa harus bertatap muka langsung.

Oleh sebab itu berikut beberapa tips menjawab pertanyaan saat wawancara kerja pada masa pandemi yakni:

Pertama. Apa yang sudah kamu pelajari tentang dirimu selama ini? – Pertanyaan ini biasanya ditanyakan oleh perusahaan karena mereka ingin tahu apakah kamu ada tipe yang mudah berkembang, belajar dan beradaptasi. Jawabanmu terhadap pertanyaan ini bisa memberikan mereka bayangan/deskripsi mengenai hal lain tentang kamu.

Baca Juga:  Disaksikan Marc Marquez, DAM - Pemprov Jabar Tanda Tangani Kesepakatan Kerja Sama

Kamu bisa menjawab secara sederhana seperti, fokus melamar kerja, memperbaiki CV dan sering mengikuti webinar tentang karir dan mencari pekerjaan. Bisa juga menjawab dengan membawa hobi atau skill seperti, kamu bisa menjawab sedang mencari/menekuni hobi baru seperti memasak atau belajar.

Kedua. Apakah kamu sudah pernah bekerja dari rumah? Apa saja tantangan yang dihadapi dan bagaimana caramu beradaptasi? – Rangkaian pertanyaan seperti ini biasanya pihak perusahaan memastikan kamu memang benar-benar bisa bekerja dari rumah.

Baca Juga:  Pemprov Jawa Barat Kebut Proyek Tol Cisumdawu

Untuk pertanyaan ini kamu bisa menjawab dengan menjelaskan kenapa fasilitas di rumah kamu cukup baik untuk bisa bekerja secara efektif dan lancar. Jika tidak ada wifi, kamu bisa bilang handphone kamu bisa hotspot atau kamu mempunyai modem portable.

Ketiga. Bagaimana cara kamu mengatur waktu untuk bekerja di rumah? – Memang bekerja di rumah bisa sedikit tricky dimana kualitas produktivitas bisa menurun karena bekerja dari rumah bisa merusak work life balance apalagi jika sebelumnya kamu hanya memiliki pengalaman bekerja penuh dari kantor.

Baca Juga:  Ombak Tiga Meter Rusak Ratusan Bangunan Pondok Wisata di Sergai

Nah, untuk pertanyaan ini bagi fresh graduate bisa menjelaskan bagaimana kamu membagi waktu dan fokus dengan baik saat masih kuliah secara online. Bisa juga menjawab dengan menggunakan sistem jam kerja yang sama dengan saat bekerja di kantor seperti nine to five dengan jam istirahat dan makan siang yang sama. (Red)