Ini Alasannya Kenapa Posisi Tombol Sein Motor Honda Berbeda

JABARNEWS | BANDUNG – Tombol sein motor merupakan salah satu komponen yang sering kalian gunakan. Namun, apakah kalian menyadarinya bahwa posisi tombol sein motor Honda diletakkan di bawah tombol klakson.

Berbeda dengan pabrikan motor lainnya, posisi tombol sein motor Honda diletakkan di bawah tombol klakson. Hal ini berlaku buat seluruh tipe motor bebek, matik hingga sport buatan Honda yang pertama kali hadir sejak 2009 silam.

Baca Juga:  Ups! Presiden Belum Dilantik, LSI Sebut Nama Capres Potensial 2024

Selain menjadi salah satu ciri khas, bertukarnya posisi antara tombol lampu sein dan klakson ternyata ada alasannya.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT. WMS mengatakan bahwa hal itu Berdasarkan riset dari pabrikan, posisi tangan di sebelah kiri lebih mudah menjangkau tombol yang letaknya di paling bawah sehingga tombol sein ditukar ke bawah.

Baca Juga:  Terima 85,8 Ton Oksigen Cair dari Sumsel, Ini Ungkapan Ridwan Kamil

Dengan demikian, perubahan tersebut dapat membuat pengguna motor jadi lebih mudah dan terbiasa dalam mengoperasikan tombol lampu sein.

Menjadi salah satu fungsi penting dalam berlalu lintas, lampu sein juga berguna sebagai sarana komunikasi dengan pengguna kendaraan lain di jalan.

Baca Juga:  Pengeroyok TNI Ngumpet di Kamar saat Massa Bakar Polsek

“Karena posisinya lebih mudah dijangkau, diharapkan pengguna motor lebih terbiasa memakai lampu sein ketika ingin berbelok atau berpindah jalur,” lengkapnya dilansir dari otomotifnet pada (19/08/2021). (Red)