Begini Cara Mudah Pastikan ISS Pada Motor Berfungsi, Tak Perlu Ke Bengkel

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam hal ini banyak ditemukan pemilik motor yang mengeluh karena teknologi idling stop system (ISS) pada motor yang berhenti bekerja.

Banyak pemilik yang bahkan langsung datang ke bengkel untuk dilakukan pengecekan pada motornya. Untuk menghindari hal tersebut kalian mesti tahu cara untuk memastikan ISS pada motor kalian berfungsi atau tidak.

Baca Juga:  BKKP Bandung: 14.698 Pelamar CPNS Lolos Administrasi

Oleh sebab itu berikut cara untuk pastikan ISS pada motor berfungsi yakni:

Pertama. Hidupkan Motor Dengan Elektrik Starter – Untuk starter motor, pilihan terbaik yakni dengan menggunakan elektrik starter karena dapat dipastikan ISS motor kalian dapat digunakan.

Namun, apabila kalia menghidupkan motor dengan cara kick starter. ISS pada motor kalian tidak bisa diketahui berfungsi atau tidak.

Baca Juga:  Pondok Pesatren Sebagai Pionir Percontohan Pendidikan Keagamaan

Kedua. Pastikan Motor Telah Mencapai Kecepatan Melebihi 10 Km/Jam – Idling stop sistem akan beroperasi saat kecepatan kendaraan lebih dari 10 km/jam yang terdeteksi oleh Vehicle Speed Sensor.

Sensor ini akan mendeteksi putaran gigi dan saat sensor ini mendeteksi adanya perputaran roda gigi, maka sinyal akan dikirim ke speedometer dan ECM, yang mengendalikan idling stop system.

Baca Juga:  Skema Dirombak, Pensiunan PNS Bakal Dapat Rp1 Miliar? Ini Penjelasannya

Ketiga. Mesin Melebihi 60 Derajat Celcius – Untuk motor yang sudah dibekali oleh teknologi Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor yang secara otomatis dapat mengetahui temperatur mesin.

Ketika temperatur mesin sudah melampaui 60 derajat Celcius, idling stop system baru akan mulai beroperasi. Dengan begitu kalian bisa melakukan pengecekan ISS. (Red)