Desa Mekarmaju Bandung Yang Terkenal Dengan Produksi Perkakasnya

JABARNEWS | BANDUNG – Berlokasi di desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung merupakan salah satu desa yang terkenal dengan produksi perkakas yang biasa digunakan oleh para petani.

Desa Mekarmaju ini memiliki ratusan pandai besi yang memproduksi perkakas pertanian seperti cangkul, garpu, golok hingga parang.

Pandai besi di Desa Mekarmaju masih menggunakan teknik tradisional. Besi yang sebelumnya dipotong sesuai ukuran, dipanaskan dalam bara arang. Besi yang menyala merah kemudian ditempa di atas paron menggunakan palu.

Baca Juga:  Ineu: Bhayangkara Menjadi Lembaga Profesional

Tempaan dilakukan untuk membentuk perkakas yang dibuat. Selain itu, penempaan dilakukan supaya besi menjadi lebih padat sehingga tidak mudah rusak.

Baca Juga:  Caketum HIPMI Mardani H. Maming Sebut Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Diberi Insentif

Setelah ditempa, besi dipanaskan lagi untuk dilakukan penyepuhan. Penyepuhan atau perlakuan panas merupakan proses akhir dalam penempaan pembuatan perkakas.

Selain pandai besi, desa mekarmaju Kabupaten bandung ini memiliki suasana yang terbilang sejuk. Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bertani sayuran hingga buah-buahan.

Baca Juga:  Hasanah Incar Nomor Urut Satu di Pilgub Jabar

Bukan hanya itu saja, Desa Mekarmaju ini juga berlokasi tidak jauh dari beberapa tempat wisata yang berada di di Ciwidey Bandung. Jadi selepas berkunjung Ke Desa ini, Kalian bisa langsung mendatangi tempat wisata yang ada di sekitar desa tersebut. (Red)