Ragam Jenis Alat Kelistrikan Yang Mesti Kalian Miliki Di Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Jenis alat kelistrikan dan fungsinya merupakan salah satu bagian penting untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Kebutuhan jenis alat kelistrikan dan fungsinya pun seakan menjadi kebutuhan primer karena sangat berpengaruh terhadap sistem kelistrikan rumah.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat ketika kalian akan memperbaiki instalasi listrik di rumah. Dengan jenis alat kelistrikan dan fungsinya akan membuat kalian menjadi lebih mudah.

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis alat kelistrikan di rumah yang mesti kalian miliki yakni:

Baca Juga:  Awas! Pedagang Abate Bikin Bete

Pertama. Stop kontak listrik – Alat kelistrikan yang mesti kalian miliki yakni Stopkontak listrik. Stop kontak ini merupakan titik penghubung yang bertugas menghantarkan listrik ke berbagai ekosistem yang ada di rumah.

Umumnya, pemasangan stop kontak listrik dipasangkan dengan cara ditanam maupun menggunakan kabel. Sebuah stop kontak juga memiliki banyak jenis, berdasarkan kondisi geografis di satu Negara.

Baca Juga:  Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor, Ridwan Kamil: Kita Cetak 100 Ribu Eksportir

Kedua. Steker listrik – Steker listrik atau yang biasa disebut colokan listrik merupakan jenis alat kelistrikan dan fungsinya untuk menghantarkan listrik ke stop kontak.

Walau demikian, steker listrik sangat mudah untuk digunakan, sebab kamu cukup menghubungkan steker pada dua lubang stop kontak sesuai arahnya.

Ketiga. Meteran listrik – Setiap rumah yang terhubung dengan listrik pastinya dilengkapi meteran listrik atau token meter di bagian dinding. Melalui alat ini, besaran daya yang digunakan oleh pengguna akan terlihat secara faktual dalam satuan kWh (kilowatt hour) untuk proses pembayaran.

Baca Juga:  Halaman Rumah Moeldoko Dibanjiri Karangan Bunga Terbalik, Ada Apa Ya?

Sementara, untuk token meter akan menjelaskan sisa listrik yang bisa kamu gunakan di rumah untuk aktivitas rumah tangga. Untuk sebuah box meteran listrik, kamu pun bisa membelinya mulai dari Rp 60 ribu. (Red)