Menengok Pengrajin Gula Aren Di Desa Sukapada Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Desa Sukapada, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dikenal selama ini sebagai sentra pembuatan gula aren alami. Bahan pembuatan gula aren asli diambil dari air nira pohon aren yang masih melimpah di wilayah tersebut.

Sebagian besar warga di kampung ini mengandalkan produksi gula aren untuk mendapatkan penghasilan dan membiayai hidup.

Baca Juga:  Raih Pemilih Pemula Lewat Rock The Vote Indonesia

Keahlian menyadap atau mengambil air nira bahan gula aren didapatkan secara turun-temurun dan menjadi andalan selama pandemi corona.

Penjualan gula aren murni yang memiliki ciri khas asal Desa Sukapada, Tasikmalaya, ini terbilang mudah dipasarkan, karena sudah dikenal asli berbahan gula aren tanpa campuran bahan lainnya, apalagi zat kimia.

Baca Juga:  Jelang Sore, Pemotor Dominasi Arus Balik Di Jalur Selatan Subang

Biasanya, pembeli ada yang langsung mendatangi rumah-rumah warga pembuat gula aren dan kemudian dipasarkan di pedagang langganan pasar-pasar terdekat.

Pada umumnya, perajin gula aren kebanyakan dari golongan lanjut usia. Namun, di Desa Sukapada berbeda yakni kebanyakan dari usia muda.

Baca Juga:  Bowo "Tiktok" Digandeng Penyanyi Solo Vania Nissa

Mereka biasanya mendapatkan ilmu mulai dari pengambilan air nira sampai ke proses berbentuk gula aren dari para leluhurnya. (Red)