Ini Alasanya Kenapa Harga Platinum Lebih Mahal Dari Emas

JABARNEWS | BANDUNG – Perhiasan, dikenal memiliki beragam jenisnya. Salah satu yang terkenal selain emas yakni Platinum. Platinum merupakan perhiasan yang memiliki harga lebih mahal dari emas.

Namun, jarang orang yang mengetahui alasanya. Ada beberapa alasan mengapa harga platinum lebih mahal dari Emas. Hal tersebut tentunya mesti kalian ketahui.

Oleh sebab itu berikut beberapa alasan mengapa harga platinum lebih mahal dari emas yakni:

Pertama. Tingkat kepadatan yang lebih tinggi – Tingkat kepadatan platinum menjadi salah satu penyebab tingginya harga logam ini di pasaran, termasuk setelah dijadikan sebagai perhiasan. Jika dibandingkan dengan kepadatan emas, platinum bahkan jauh lebih padat.

Baca Juga:  Pj Gubernur ’Geber’ Pembangunan Infrastruktur

Dalam ukuran (fisik) yang sama, logam platinum akan memiliki berat sekitar 50% lebih banyak jika dibandingkan dengan emas.

Kedua. Tingkat kemurnian hingga 95% – Platinum memiliki tingkat kemurnian yang sangat tinggi, bahkan hingga mencapai 95%. Selain itu, logam pencampur yang digunakan dalam proses pembuatan perhiasan juga akan menggunakan logam mulia yang harganya hampir sama dengan harga platinum itu sendiri.

Baca Juga:  Resmi Diluncurkan, Ini Perbedaan Telegram Premium dengan Versi Gratis

Hal ini juga akan ikut mempengaruhi tingginya harga perhiasan platinum. Sementara perhiasan emas pada umumnya hanya dicampur dengan tambahan logam yang justru harganya lebih murah, seperti tembaga maupun perak yang harganya justru lebih murah dari emas.

Ketiga. Biaya produksi lebih tinggi – Tidak mudah dibentuk menjadi perhiasan, platinum memang memiliki karakter yang lebih keras jika dibandingkan dengan emas. Emas yang mudah lunak ketika dipanaskan tentu akan lebih mudah dibentuk menjadi perhiasan.

Baca Juga:  Panglima TNI: 109 Rumah Sakit Siap Tangangani Pasien Covid-19

Hal ini juga akan membuat proses produksi menjadi lebih singkat dan mudah, bahkan ikut mempengaruhi biaya produksi menjadi lebih murah. Sementara di lain sisi, platinum yang keras cenderung sulit dibentuk menjadi perhiasan. (Red)