• Minggu, 5 Desember 2021

Ternyata Ini Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Vespa Matic, Simak!

- Kamis, 2 September 2021 | 17:38 WIB
Ganti Oli Vespa Matic (Foto: motorplus-online.com)
Ganti Oli Vespa Matic (Foto: motorplus-online.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Menjaga kondisi mesin motor vespa matic tentunya salah satu hal yang mesti diperhatikan. Salah satu caranya yakni dengan rutin mengganti oli mesin dengan tepa waktu.

Dilansir dari gridoto.com, waktu ganti oli mesin disarankan setiap 5.000 km atau 5 bulan pemakaian. Sama seperti motor pada umumnya, proses ganti oli mesin di Vespa matic juga disarankan lebih cepat dari rekomendasi tersebut.

Dave Farich, owner bengkel IDScoot Performance mengatakan, ciri khas Vespa matic ada pada mesinnya yang cukup panas, sehingga penggantian oli mesin sebaiknya nggak berpatokan pada jarak tempuh.

Menurutnya, karakter Vespa matic yang suhu mesinnya cukup panas rentan membuat oli jadi cepat susut di mesin. Bukan cuma di Vespa matic, penyusutan volume oli memang bisa terjadi di semua mesin motor seiring pemakaian.

Maka dari itu, untuk pemakaian motor harian disarankan untuk rutin periksa dan ganti oli supaya kapasitasnya terus ideal.

“Rekomendasi kami, buat Vespa matic maksimal ganti oli bisa dilakukan setidaknya paling lama tiap 2 bulan sekali,” yakin Dave.

Resikonya kalau dipakai kelamaan, mesin motor jadi cepat rusak akibat tidak terlumasi maksimal karena kekurangan oli. Untuk mencegah kerusakan, kalian juga bisa memantau volume oli mesin secara berkala dan pastikan volumenya masih berada di batas aman. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Tiga Tips Menjaga Suhu Dalam Rumah Agar Tetap Nyaman

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:05 WIB

Ternyata Ini Alasannya Kenapa Pria Suka Wanita Jutek

Kamis, 2 Desember 2021 | 19:05 WIB
X