Ternyata Ini Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Vespa Matic, Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Menjaga kondisi mesin motor vespa matic tentunya salah satu hal yang mesti diperhatikan. Salah satu caranya yakni dengan rutin mengganti oli mesin dengan tepa waktu.

Dilansir dari gridoto.com, waktu ganti oli mesin disarankan setiap 5.000 km atau 5 bulan pemakaian. Sama seperti motor pada umumnya, proses ganti oli mesin di Vespa matic juga disarankan lebih cepat dari rekomendasi tersebut.

Baca Juga:  Pemilu 2019, Publik Harus Waspada Penyebaran Media Abal-abal

Dave Farich, owner bengkel IDScoot Performance mengatakan, ciri khas Vespa matic ada pada mesinnya yang cukup panas, sehingga penggantian oli mesin sebaiknya nggak berpatokan pada jarak tempuh.

Menurutnya, karakter Vespa matic yang suhu mesinnya cukup panas rentan membuat oli jadi cepat susut di mesin. Bukan cuma di Vespa matic, penyusutan volume oli memang bisa terjadi di semua mesin motor seiring pemakaian.

Baca Juga:  PT KCI Klaim Jumlah Penumpang Turun Drastis Selama PSBB

Maka dari itu, untuk pemakaian motor harian disarankan untuk rutin periksa dan ganti oli supaya kapasitasnya terus ideal.

“Rekomendasi kami, buat Vespa matic maksimal ganti oli bisa dilakukan setidaknya paling lama tiap 2 bulan sekali,” yakin Dave.

Baca Juga:  Abaikan Protokol Kesehatan, Dua Kafe di Bekasi Disegel Satpol PP

Resikonya kalau dipakai kelamaan, mesin motor jadi cepat rusak akibat tidak terlumasi maksimal karena kekurangan oli. Untuk mencegah kerusakan, kalian juga bisa memantau volume oli mesin secara berkala dan pastikan volumenya masih berada di batas aman. (Red)