Ragam Manfaat Buah Kepel Bagi kesehatan Dan Kecantikan

JABARNEWS | BANDUNG – Pernahkah Anda mendengar nama buah satu ini? Buah kepel yang memiliki bahasa latin Stelechocarpus burahol, atau biasa pula disebut burahol. Ada Banyak manfaat buah kepel bagi kesehatan dan kecantikan.

Sayangnya, hal tersebut jarang diketahui banyak orang. Padahal jika kalian mengetahui manfaat buah kepel bagi kesehatan dan kecantikan ini, tentunya akan cukup berguna.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat buah kepel bagi kesehatan dan kecantikan yakni:

Baca Juga:  Walikota Tebing Tinggi: Kelurahan Mandailing Dulu Rawan Narkoba, Kini Terbaik

Pertama. Menghilangkan Bau Badan – Buah ini diyakini dapat menghilangkan bau tidak sedap yang muncul dari mulut, badan, dan zat sekresi manusia. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Research Journal of Medicinal Plants yang dicobakan pada tikus.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan kadar amonia dan methyl-mercaptan (dua zat sisa pembuangan yang menyebabkan bau tidak sedap) yang terdapat pada feses tikus dengan memberikan bubuk sari buah kepel secara oral pada tikus.

Baca Juga:  Dokter Raffi Ghani Berduel Dengan Muhammad Natshir

Kedua. Mengatasi Masalah Asam Urat – Buah kepel disebut-sebut memiliki komponen bersifat antihyperuricemic, yaitu komponen yang bertugas untuk mengoreksi kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam tubuh.

Bila Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah (hyperuricemia), hal ini disebabkan oleh munculnya asam urat pada purin. Kelebihan ini dapat dikontrol oleh komponen antihyperuricemic.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Melandai, Ridwan Kamil Prediksi Awal 2022 Pariwisata Bisa Normal Lagi

Ketiga. Mengobati Encok – Buah kepel juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit encok, yaitu dengan memanfaatkan daun yang tumbuh di pohonnya. Caranya, ambil 7-8 helai daun kepel dan rebus bersama dua gelas air (400 ml).

Biarkan sampai mendidih dan volume air menyusut hingga sekitar satu cangkir saja (150 ml), lantas minum air tersebut saat hangat. Konsumsi secara rutin, 2-3 kali sehari. (Red)