Kenali Tiga Penyebab Perut Buncit Selain Karena Makanan

JABARNEWS | BANDUNG – Perut buncit merupakan kondisi tubuh yang sering ditemukan di tengah-tengah masyarakat. Hal tersebut biasanya terjadi karena pola makan.

Makanan tinggi kalori, berlemak serta makanan/minuman manis masih menjadi penyebab perut buncit nomor satu. Namun tahukah Anda ternyata masih ada penyebab lainnya?

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab perut buncit selain makan yakni:

Baca Juga:  Kartini Masa Kini Dari Jatiluhur

Pertama. Kurang berolahraga – Tidak berolahraga menyebabkan kalori yang masuk dari makanan/minuman disimpan menjadi lemak di dalam tubuh. Orang yang tidak berolahraga selama 1 tahun dapat meningkatkan lemak di perut sebanyak 25-38%.

Kedua. Kurang tidur – Kurang tidur sangat berpengaruh pada kesehatan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan lemak di perut.

Baca Juga:  Lolos Seleksi Prokes, 330 Sekolah di Kota Bandung Laksanakan Simulasi PTM Terbatas

Studi menunjukkan bahwa sepertiga orang yang tidur di bawah 5 jam cenderung mengalami kenaikan berat badan sebanyak 15 kg.

Ketiga. Hormon dan stres – Pada wanita, menopause menjadi salah satu penyebab perut buncit. Karena kondisi ini berakibat pada hormon estrogen yang menurun drastis, sehingga lemak cenderung disimpan di perut daripada di pinggul dan paha.

Baca Juga:  Tiga Jenis Sayuran Ini Dipercaya Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Hormon stres (kortisol) juga berperan pada perut buncit. Ketika Anda stres, hormon ini akan dihasilkan tubuh secara berlebih. Kondisi ini memicu lemak untuk disimpan di bagian perut daripada disebar di seluruh tubuh. (Red)