Perut Kembung Bisa Jadi Tanda Penyakit Berbahaya Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Perut kembung mungkin bukan kondisi langka lagi. Namun, karena merupakan gejala yang sangat umum, perut kembung kerap dianggap sepele.

Padahal, penyebab perut kembung bisa saja karena penyakit yang berbahaya atau bahkan mengancam jiwa. Meskipun tak semua berbahaya.

Oleh sebab itu berikut beberapa tanda penyakit berbahaya yang bergejala perut kembung yakni:

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Cara Pencegahan Covid-19

Pertama. Kanker Ovarium – Keganasan pada organ indung telur atau ovarium juga dapat menimbulkan gejala perut kembung.

Hal ini terutama bila massa tumor menekan area saluran pencernaan. Keluhan tersebut biasanya disertai dengan cepat merasa kenyang, nyeri punggung, dan penurunan berat badan.

Baca Juga:  Kemenag Purwakarta Minta Masyarakat Tenang Soal Penghentian Umrah

Kedua. Ileus – Ileus merupakan gangguan gerakan peristaltik usus karena berbagai sebab, mulai dari gangguan elektrolit atau gangguan persarafan.

Gejalanya antara lain adalah perut kembung, disertai penurunan nafsu makanan, rasa begah, konstipasi, perut tampak membesar, mual, dan muntah.

Ketiga. Penyakit Crohn – Penyakit Crohn merupakan kondisi peradangan kronis (terjadi dalam waktu lama) yang terjadi pada lapisan sistem pencernaan. Penyakit ini dapat menyebabkan usus tersumbat.

Baca Juga:  Tiga Tokoh Gugat Perpu Covid-19

Seseorang yang mengalami penyakit Crohn akan merasakan kembung yang parah. Gejala kembung juga disertai dengan penurunan berat badan, diare, mual, dan muntah setelah makan. (Red)