Pantai Barat Pangandaran Di Desa Pananjung Yang Terkenal Tradisi Hajat Lautnya

JABARNEWS | PANGANDARAN – Berlokasi di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terdapat salah satu tempat yang bernama Pantai Barat Pangandaran yang biasa dijadikan tradisi Hajat laut.

Hajat Laut yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan yang maha esa dengan cara melarung sesaji ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharram.

Baca Juga:  Berkah Ramadhan Bank BJB Berbagi dengan Yatim dan Dhuafa

Selain terkenal dengan tradisinya. Pantai Barat Pangandaran di Desa Pananjung ini juga termasuk salah satu wisata unggulan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Dari Pantai Barat Pangandaran ini kalian dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama. Ditambah lagi, Pantai ini juga memiliki pasir putih yang begitu eksotis.

Baca Juga:  Peran Media Diharapkan Untuk Wujudkan Purwakarta Lebih Istimewa

Bukan hanya itu saja, disana juga kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda dan lain-lain.

Untuk bisa sampai ke lokasi pantai barat Pangandaran ini, kalian mesti menempuh jarak kurang lebih 92 km arah selatan kota Ciamis. Dengan estimasi waktu sekitar 2 jam lebih.

Baca Juga:  Tradisi Pedang Pora Sambut Danrem 063/SGJ Baru

Sungguh mengagumkan bukan Desa Pananjung, Pangandaran ini. Dengan begitu, desa satu ini bisa menjadi salah satu tempat yang dapat kalian kunjungi ketika liburan tiba. (Red)