Buah Pepaya Ternyata Bisa Melancarkan Buang Air Besar, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Saat mengalami kembung atau sembelit hingga sulit buang air besar (BAB) biasanya akan menyebabkan ketidaknyamanan.

Beberapa orang biasanya memilih untuk makan buah pepaya agar sistem pencernaan normal kembali.

Melansir Express, Kamis (18/10/2018), pepaya ternyata kaya akan enzim seperti papain, chymopapain, caricain dan glycyl endopeptidase. Enzim-enzim itu dapat membantu kerja sistem pencernaan.

Baca Juga:  Inilah penjelasan Dinkes Kota Bandung Tentang Vaksin Rubella

Papain adalah enzim proteolitik yang membantu mencerna protein. Enzim ini efektif menguraikan daging dan protein lainnya.

Cara kerja enzim papain mirip dengan pepsin yaitu enzim pencernaan yang diproduksi di perut untuk memecah protein. Selain itu, papain secara komersial digunakan sebagai penyedap daging.

Apabila pepaya dimasukkan dalam daftar menu makanan, buah tersebut dapat membantu mempercepat proses pencernaan karena memecah makanan yang sulit dicerna.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Bantah Anggotanya Terciduk Karena Positif Narkoba

Pepaya juga merupakan buah yang lembut atau lembek sehingga tidak sulit untuk dicerna. Selain mengatasi perut kembung atau sembelit, pepaya juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang lebih serius seperti irritable bowel syndrome (IBS) yaitu gangguan pada usus besar.

Baca Juga:  PKK Miliki Peran Penting Dalam Program KB Bagi Masyarakat Hingga Posyandu

Alasan lain pepaya dapat membantu memperlancar proses pencernaan karena buah umumnya tinggi serat. Seperti yang diketahui, serat dapat membuat tinja lebih mudah untuk dikeluarkan.

Dengan begitu tidak menyumbat usus besar yang mengakibatkan sembelit. Serat merupakan bagian penting dari diet sehat dan seimbang karena membantu menjaga sistem pencernaan tetap dalam keadaan baik. (Red)