Tiga Hal Yang Mesti Diperhatikan Sebelum Pensiun Dini

JABARNEWS | BANDUNG – Pensiun dini terkadang dipikirkan oleh beberapa orang karena menganggap masa kerja yang sudah puluhan tahun sehingga merasa bahwa sudah waktunya untuk menikmati masa tua.

Meski terasa menyenangkan, namun Anda tidak boleh gegabah dalam memutuskan pensiun dini. Mengapa demikian? Pasalnya, pensiun dini membuatmu tidak seproduktif sekarang sehingga bekal yang dimiliki harus benar-benar cukup.

Baca Juga:  Tujuh Kali Berturut-turut, LKPD Jabar Kembali Raih Opini WTP

Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum pensiun dini yakni:

Pertama. Tentukan Target – Sebagai contoh misalnya di usia 45 tahun Anda berkeinginan untuk tidak bekerja lagi. Tujuannya yaitu agar bisa memperkirakan berapa besar uang yang perlu ditabung setiap bulan sehingga pensiun dini berakhir bahagia.

Sebagai contoh, saat ini usiamu masih 20 tahun dan ingin pensiun di usia 45 tahun. Maka dalam 25 tahun sebelum pensiun, sebisa mungkin harus menabung setiap bulan dengan besar uang yang pasti, misalnya Rp 2 juta per bulan.

Baca Juga:  Dilaporkan Warga, Pengedar Narkoba Asal Pematangsiantar Ditangkap Saat Coba Kabur

Kedua. Persiapkan Dana untuk Anak – Salah satu hal terpenting yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum memutuskan pensiun dini adalah dana untuk anak, terutama biaya pendidikannya.

Baca Juga:  Bank Bjb Duduki Peringkat Pertama Rating Bank Go Public di Indonesia

Ketiga. Hitung Biaya Hidup – Menghitung biaya hidup yang dikeluarkan selama ini, misalnya seperti biaya pakaian, makan, transportasi, cicilan, rekreasi, dan lain sebagainya.

Dari biaya hidup tersebut, Anda bisa melihat berapa besar kira-kira dana yang dibutuhkan selama 1 bulan saat sudah pensiun. Jadi Anda bisa memperkirakan uang yang akan ditabung setiap bulannya. (Red)