• Kamis, 9 Desember 2021

Ini Cara Budidaya Sarang Burung Walet Di Rumah, Perhatikan Tahapannya!

- Selasa, 14 September 2021 | 14:22 WIB
Budidaya Sarang Burung Walet (Foto: mediatani)
Budidaya Sarang Burung Walet (Foto: mediatani)

JABARNEWS | BANDUNG - Untuk memulai budidaya sarang burung walet, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan.

Cara budidaya sarang burung walet, bisa dibilang gampang-gampang sulit. Hal itu terjadi karena butuh ketelitian dan ketekunan saat memulai bisnis ini.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara budidaya sarang walet bagi pemula yakni:

Pertama. Siapkan Lahan dan Kandang - Hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya sarang burung walet adalah menyediakan lahan dan kandang. Pastikan kamu memiliki lokasi yang tepat, yakni lingkungan yang sepi, terpencil, dan memiliki suhu 24-26 derajat celcius.

Kamu bisa menggunakan lahan di rumah atau membangun bangunan baru sebagai kandang. Atap rumah bisa kamu jadikan kandang jika kamu memutuskan untuk membudidayakannya di rumah dengan lubang di setiap sisinya untuk tempat keluar masuk burung walet.

Kedua. Lakukan Pembibitan Burung Walet - Kamu bisa melanjutkan pembibitan agar jumlah burung bisa berkembang biak dengan cepat. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mengundang burung walet datang ke tempatmu.

Salah satu strateginya adalah dengan memasang rekaman suara burung walet di kandang. Lalu, mengecat bangunan dengan warna putih atau hitam. Jika kamu tidak mendapatkan indukkan, kamu bisa melakukan pembibitan dengan cara memesan telur walet yang ditetaskan di kandang.

Ketiga. Perawatan Burung Walet - Setelah pembibitan, dilakukan perawatan terhadap anakan burung walet. Caranya dengan menjaga anak-anak burung agar tidak keluar kandang selama kira-kira dua hingga tiga hari.

Untuk pakannya, kamu bisa memberi makanan alami seperti rayap, kumbang, semut, hingga serangga bersayap. Pasalnya, anakan burung walet akan membutuhkan asupan protein dan karbohidrat yang tinggi. Kandungan tersebut sangat banyak terdapat di serangga di atas hingga biji-bijian.

Keempat. Perhatikan Kebiasaan Burung Walet - Saat burung walet telah dewasa, pastikan kamu memperhatikan kebiasaan mereka dalam berkembang biak. Biasanya mereka akan berkembang biak pada usia empat tahun.

Meski begitu, tidak semua burung walet bisa bertahan hidup lama. Sebab, beberapa di antaranya bisanya mati karena diserang oleh predator. Burung walet yang berpasangan biasanya akan membuat dan menempati sarang tersebut.

Kelima. Panen Sarang Burung Walet - Kamu bisa memanen sarang burung walet pada saat walet betina sudah siap bertelur. Jika kamu memanen pada saat itu, maka kamu akan mendapatkan jenis sarang walet yang berkualitas bagus.

Sementara jika kamu memanen saat telur-telur burung sudah menetas dan bisa terbang, maka kualitas sarangnya akan kurang bagus. Setelahnya, kamu bisa menjual barangnya ke berbagai tempat penjualan sarang burung walet. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Untuk Menjaga Kesehatan Liver, Konsumsi Makanan Ini

Rabu, 8 Desember 2021 | 14:35 WIB
X