Komponen Synchromesh Pada Transmisi Manual, Penting Untuk Diketahui!

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk mengenal Komponen Synchromesh Pada Transmisi manual mobil ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Synchromesh pada transmisi manual sendiri berfungsi sebagai penyama putaran roda gigi yang akan terintegrasi dengan sistem cara pengereman.

Dalam komponen Synchromesh Transmisi manual mobil ini terdiri dari beberapa bagian yang jarang orang ketahui. Maka dari itu kalian para pecinta otomotif mesti mengetahui hal ini.

Berikut beberapa komponen pada Synchromesh Transmisi manual mobil yakini:

Pertama. Synchronizer Ring – Komponen pertama di dalam satu unit Synchromesh adalah Synchronizer ring. Fungsi utama dari komponen yang satu ini untuk menyamakan putaran unit synchromesh dan roda gigi percepatan dengan proses pengereman.

Baca Juga:  Napi Bebas Kriminalitas Meningkat Jaminan Rasa Aman Hilang

Synchronizer ring sendiri letaknya di antara clutch hub dan roda gigi percepatan yang memiliki bentuk konis. Umumnya komponen ini terbuat dari material kuningan namun punya tekstur yang lebih lunak.

Kedua. Clutch Hub – Clutch hub juga menjadi salah satu komponen Synchromesh pada sistem transmisi manual yang punya peran penting cukup tinggi. Sebab, fungsi dari komponen satu ini untuk meneruskan tenaga dari clutch hub sleeve (kopling geser) ke bagian poros output dari transmisi tersebut.

Baca Juga:  Ingat! Dua Hari Ini Truk Bersumbu Tiga ke Atas Dilarang Masuk Tol

Dan perlu diketahui clutch hub sendiri akan berhubungan dengan spline atau alur gigi pada bagian poros output. Dengan begitu ketika kondisi clutch hub berputar, maka secara otomatis bagian poros output transmisi pun akan ikut berputar.

Ketiga. Shifting Key – Bagian lain akan dapat kita jumpai di dalam Synchromesh yaitu Shifting Key. Komponen ini punya peran penting yang tidak bisa dihilangkan, fungsi utamanya yaitu untuk mencegah terjadinya perpindahan gigi sebelum putaran roda gigi kecepatan dan clutch hub sama.

Baca Juga:  8 Artis Bakal Diperiksa Kasus Prostitusi Online Vanessa Angel, Termasuk Della Perez

Dalam sistem kerjanya, komponen yang satu ini terletak di alur pada bagian clutch hub. Banyak orang juga menyebut Shifting Key sebagai batang pengunci. Dan perlu diketahui dimana kedua ujung komponen Shifting Key sendiri akan saling berhubungan dengan Synchronizer ring. (Red)