Jangan Sampai Telat, Ini Ciri Talas Siap Panen

JABARNEWS | BANDUNG – Ada beberapa ciri talas siap panen. Hal itu tentunya mesti kalian ketahui. Karena jika terlambat, bisa-bisa umbinya membusuk atau mengeras hingga tak bisa dikonsumsi.

Untuk mengetahui ciri talas siap panen, ada beberapa faktor yang bisa kalian lihat dari penapakan batang dan daunnya. Hal itu bisa menjadi salah satu pertanda talas sudah siap panen.

berikut beberapa ciri Talas Siap panen yang mesti kalian ketahui yakni:

Baca Juga:  Kemenag Purwakarta: Cegah Karim Lewat Majelis Taklim

Pertama. Warna umbi – Panen talas kisaran umur 6-9 bulan, ada juga yang berumur 1 tahun, atau 5-6 bulan dengan umbi berwarna kecoklat-coklatan berukuran besar. Untuk masa panen 8-10 bulan memiliki umbi dengan warna kekuning-kuningan dengan ukuran yang sama besar.

Kedua. Hasil umbi – Periode panen talas perlu mendapatkan perhatian yang jeli karena waktu panen yang tidak pas akan turunkan kualitas hasil. Panen yang terlampau cepat akan hasilkan talas yang tidak kenyal dan pulen, kebalikannya bila panen telat akan hasilkan umbi talas yang terlampau simak dan keras.

Baca Juga:  M Ali Yusuf: Produk Ramah Lingkungan dari BSN LPBINU Tepat Untuk Kurangi Sampah

Untuk memilih talas yang bagus dilihat dari bintik hitam atau garis -garis pada daging umbi talas serta ukuran besarnya umbi. Untuk mencabutnya jangan menggunakan cangkul karena dikhawatirkan akan merusak calon bibit yang berasal dari tunas hasil panen.

Ketiga. Daun mulai menguning, layu, dan mati – Setelah siap panen daun akan mulai menguning, layu dan mati, dan talas siap dipanen. Untuk panennya dianjurkan untuk tidak dilakukan pada musim hujan.

Baca Juga:  Harga Emas Antam Kian Bersinar Jadi Rp 756.000/Gram

Panen talas tidak sesulit yang diinginkan, sangat simple dengan kurun waktu yang tidak lama. Karena potensi talas sangat tinggi sebagai komoditi pangan ataupun potensi lain seperti bidang medis dan bioenergy, membuat prospek budidaya ini semakin cerah. (Red)