Mengenal Faktor Penyebab Penyakit Pankreas Dan Cara Mendeteksinya

JABARNEWS | BANDUNG – Cara mendeteksi kanker pankreas juga perlu kita lakukan berdasarkan tingkat risiko yang ada. Penyakit ini juga umumnya disebabkan oleh beberapa faktor.

Untuk mendeteksi lewat faktor Risiko Penyakit Kanker Pankreas, tentunya bisa menjadi salah satu cara mengetahui pennyakit satu ini.

Oleh sebab itu berikut beberapa faktor terjadinya penyakit Kanker Pankreas yakni:

Baca Juga:  Polres Purwakarta Bantah Anggotanya Terciduk Karena Positif Narkoba

Pertama. Kebiasaan Merokok – Merokok sangat berpengaruh terhadap paru-paru yang memicu penyebab kanker pankreas. Karena itu cara mendeteksi kanker pankreas adalah dengan sering memeriksakan kesehatan, khususnya bagi Anda yang sering merokok.

Para ilmuwan dan peneliti telah melakukan penelitian, dan terbukti dalam beberapa penelitian bahwa, 1 dari 4 atau 5 kasus kanker pankreas dipicu oleh kebiasaan merokok.

Baca Juga:  Ridwan Kamil akan Sampaikan Pemulihan Sungai Citarum di Konferensi Dunia COP26

Kedua. Faktor Genetik – Kasus kanker memang sering terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Hal ini ternyata berlaku juga untuk risiko terhadap kanker jenis ini, yaitu oleh syndrome kanker turunan pada keluarga.

Karena itu sangat penting kita mengetahui riwayat kesehatan anggota keluarga. Ini juga merupakan cara mendeteksi kanker pankreas terhadap kemungkinan risiko penyakit ini.

Baca Juga:  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa

Ketiga. Jenis Kelamin – Pada kenyataannya jenis kelamin turut berperan dalam peningkatan risiko penyakit kanker pankreas. Biasanya penyakit pankreas lebih sering terjadi pada kaum laki-laki ketimbang wanita.

Kebanyakan pria memiliki gaya hidup buruk yang lebih parah daripada wanita. Maka tak heran jika kanker pankreas mudah menyerang pria usia antara 60-80 tahun. (Red)