• Kamis, 21 Oktober 2021

Tiga Cara Mudah Laporkan Aksi Penipuan Online Yang Marak Terjadi

- Kamis, 16 September 2021 | 13:47 WIB
Cara Laporkan Aksi Penipuan Online (Foto: infokyai)
Cara Laporkan Aksi Penipuan Online (Foto: infokyai)

JABARNEWS | BANDUNG - Belakang ini penipuan online marak terjadi kepada semua kalangan masyarakat. Bakhan, Bupati Purwakarta ikut menjadi korban pencatutan nama oleh oknum tersebut. Untuk itu, ada beberapa cara mudah untuk melakukan pelaporan hal tersebut.

Ketika kalian ikut menjadi salah satu korbannya, Ada cara mudah untuk melakukan pelaporan penipuan online tersebut. Dengan begitu, kalian tidak lagi mesti bingung ketika hal itu terjadi kembali.

Oleh karena itu berikut beberapa cara lapor penipuan online yang marak terjadi yakni:

Pertama. Melalui OJK - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka layanan pengaduan bagi masyarakat yang mengalami modus penipuan menggunakan rekening perbankan. Kamu dapat menggunakan layanan pengaduan ini dengan menelepon ke 1-500-655.

OJK juga menerima pengaduan atau laporan melalui surat elektronik atau email ke konsumen@ojk.go.id. Nomor rekening yang diberikan ke OJK akan menjadi barang bukti untuk membekukan rekening penipu.

Kedua. Melalui CekRekening.id - Cara cek rekening penipu lainnya adalah dengan menggunakan situs cekrekening.id. Caranya mudah, kamu bisa membuka situs cekrekening.id, lalu pilih bank, masukkan nomor rekening, dan klik periksa tombol rekening.

Jika nomor rekening terindikasi melakukan penipuan, klik “tambah laporan” dan isi kolom-kolom yang diperlukan. Situs ini juga menerima laporan terkait investasi palsu, kasus narkotika, kasus terorisme, dan kejahatan lainnya.

Ketiga. Langsung ke Polisi - Jika penipuan yang kamu alami berjumlah lebih dari Rp2,5 juta, ada baiknya kamu segera melaporkan kasus ini ke polisi. Datangi kantor polisi terdekat kemudian ceritakan kronologi penipuan dan bukti penipuan yang kamu. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Yuk Simak! Tips Gadai Sertifikat Rumah Agar Aman

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:26 WIB

Ayam Percik, Kuliner Khas Malaysia yang Nikmat

Rabu, 20 Oktober 2021 | 19:06 WIB

Menurut Dr. Zaidul Akbar Ini Tanda Plak Di Jantung

Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:14 WIB
X