• Kamis, 9 Desember 2021

Ini Manfaat Menyanyi Bagi Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui

- Jumat, 17 September 2021 | 22:08 WIB
Manfaat Menyanyi (Foto: sehatq)
Manfaat Menyanyi (Foto: sehatq)

JABARNEWS | BANDUNG - Siapa yang sangka, Ternyata ada banyak manfaat menyanyi bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentunya jarang orang ketahui. Maka dari itu kalian mesti mengetahuinya.

Untuk mengetahui manfaat menyanyi bagi kesehatan, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Salah satunya yakni membaca artikel ini sampai habis. Dengan begitu kalian bisa mengetahui hal ini.

Berikut beberapa manfaat menyanyi bagi kesehatan yakni:

Pertama. Mampu meredakan stres - Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, menyebut bernyanyi dapat meredakan stres. Baik itu bernyanyi sendirian maupun secara berkelompok.

Tak hanya itu, survei yang dilakukan lewat air liur peserta sebelum dan sesudah bernyanyi, menemukan adanya jumlah kortisol yang rendah. Di mana ini terbukti dapat meredakan stres.

Kedua. Merangsang respon imun - Beberapa bukti menyebut bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan serta melindungi dari berbagai macam penyakit. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 coba membandingkan efek bernyanyi dengan efek mendengarkan musik.

Keduanya dilakukan secara terpisah, di mana temuannya mengungkap bernyanyi menunjukkan tingkat immunoglobulin A yang tinggi. Sedangkan mendengarkan musik dapat mengurangi hormon stres, namun tidak merangsang sistem kekebalan tubuh.

Ketiga. Meningkatkan memori pada penderita demensia - Sebuah penelitian menunjukkan, orang dengan kondisi demensia dapat mengingat lirik lagu saat mereka bernyanyi.

Tak hanya itu, lewat lagu yang mereka nyanyikan dapat membawa kembali tentang kenangan hidup yang sempat dilupakan. Tentunya, dampak ini dapat meningkatkan memori mereka. (Red)

Editor: Muhammad Amaludin

Tags

Terkini

Untuk Menjaga Kesehatan Liver, Konsumsi Makanan Ini

Rabu, 8 Desember 2021 | 14:35 WIB
X