Mengenal Ragam Manfaat Gedebog Pisang Bagi Kesehatan Tubuh, Yuk Simak!

JABARNEWS | BANDUNG – Tak disangka, ternyata Gedebog atau batang pohon pisang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya, warga Indonesia membuang begitu saja gedebog pisang ini.

Dilansir dari banyak sumber, ada sejumlah manfaat gedebog pisang bagi kesehatan tubuh. Bahkan, hal itu bisa menjadikan tumbuhan satu ini sebagai salah satu obat alternatif.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat gedebog pisang bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Pemkot Bandung Cor Saluran Pembuangan Limbah Dua Restoran Di Jalan Lombok

Pertama. Mengobati cacar air – cacar air atau biasa disebut cangkrang dapat diatasi dengan mudah menggunakan bonggol batang pisang.

Caranya, ambil air bonggol pisang lalu campurkan dengan batang pulosari dan juga adas. Rebus campuran ini hingga mendidih dan minum 2 kali sehari.

Kedua. Mengurangi asam lambung – Saat bangun di pagi hari, asam lambung biasanya kan meningkat. Untuk menetralkan kembali lambung, cobalah untuk mengkonsumsi jus batang pisang setiap hari sebelum sarapan pagi. Cara ini juga sangat efektif untuk mencegah kerusakan dinding lambung.

Baca Juga:  Asyik, 120 Buruh Dapat Kado Dari Polres

Ketiga. Mengobati infeksi – Batang tanaman pisang sangat kaya akan kalium dan vitamin. Kandungan inilah yang membuat batang tanaman ini mampu mengobati infeksi. Salah satu jenis infeksi yang dapat diobati melalui jus pohon pisang adalah infeksi saluran kemih atau ISK.

Baca Juga:  Awas! BPBD Garut Sebut Longsor di Cilawu Masih Terus Terjadi

Keempat. Mengontrol kolesterol dan tekanan darah – Jus gedebog pisang juga kaya akan vitamin B6 dan zat besi yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin manusia. Selain itu, minuman ini juga diperkaya kalium yang efektif mengontrol kolesterol dan tekanan darah tinggi. (Red)