Motor Kalian Goyang Saat Kecepatan Rendah? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada beberapa penyebab motor goyang saat kecepatan rendah. Hal ini tentunya penting untuk kalian ketahui, terutama bagi kalian sebagai pengendara motor.

Untuk mengetahui penyebab motor goyang saat kecepatan rendah, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan. Dengan begitu kalian dapat mengetahui penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab motor goyang saat kecepatan rendah yakni:

Pertama. Velg – Velg merupakan komponen yang menjadi salah satu yang mungkin bermasalah, pecah atau bahkan peang misalnya. Gunakan alat bantu seperti sebatang besi, obeng atau benda sejenis. Dekatkan besi atau obeng sampai hampir menyentuh velg.

Baca Juga:  Benarkah Tahun Ini Jadi Pengorbanan Bagi Klub Serie A?

Setelah itu, gerakkan roda ke depan atau belakang. Jika besi atau obeng menyentuh velg motor, maka dapat dipastikan velg dalam keadaan sudah tidak presisi.

Baca Juga:  Ineu: Peningkatan APK Diperlukan Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Kedua. Laher Roda – Laher roda juga sering jadi penyebab motor oleng atau goyang. Untuk penyebab yang satu ini indikasinya cukup mudah terlihat.

Jika ban motor tidak kempes dan baut roda sudah kencang tapi motor masih goyang, maka dapat dipastikan laher ialah sumber keolengan motor.

Ketiga. Ban – Jangan salah motor oleng atau goyang juga bisa disebabkan oleh ban motor yang tak presisi. Perhatikan kondisi ban apakah pecah, robek atau benjol.

Baca Juga:  Babinkantibmas di Purwakarta Terus Sampaikan 'Pesan Ibu' Tentang 3M

Selain itu lihat juga rotasi ban, jika rotasi terbalik, ban akan cepat aus dan saat dikendarai menjadi kurang nyaman. Untuk memperbaiki masalah yang satu ini, kempeskan ban terlebih dulu lalu kemudian pasang dengan posisi yang presisi. (Red)