Begini Cara Menanam Anggur Dari Bijinya Di Rumah, Perhatikan Tahapannya

JABARNEWS | BANDUNG – Anggur secara umum ditanam dengan cara stek ataupun cangkok. Ada cara menanam anggur dari bijinya. Cara ini dinilai lebih simple, namun membutuhkan kesabaran yang tinggi.

Bagi kalian yang ingin menanamnya di rumah, cara menanam anggur dari bijinya ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan begitu, kalian bisa merasakan panen anggur sendiri di rumah.

Berikut beberapa cara menanam anggur dari biji di rumah yakni:

Pertama. Memilih jenis anggur yang akan ditanam – Anda dapat mengumpulkan dan menyiapkan biji anggur dari anggur yang Anda konsumsi. Pemilihan jenis buah anggur tersebut sangat menentukan hasil buah anggur yang tumbuh nanti.

Baca Juga:  Kemenkes: Jangan Panik, Kasus Covid-19 Omicron bisa lebih tinggi dari Delta

Oleh karena itu, Anda pastikan terlebih dahulu jenis anggur apa yang ingin Anda tanam. Semakin baik kualitas anggur yang Anda pilih, semakin baik pula kualitas bibit yang dihasilkan nanti.

Kedua. Menyiapkan biji anggur – Langkah pertama adalah memisahkan biji anggur dari dagingnya. Pilih biji anggur yang sehat, masih segar, dan berkualitas baik. Sebelum dilakukan penanaman, sebaiknya Anda merendam biji anggur tersebut ke dalam air kurang lebih selama 24 jam.

Setelah 24 jam, pisahkan biji anggur yang tenggelam dengan biji anggur yang melayang. Anggur yang tenggelam adalah biji anggur yang dapat ditanam sedangkan biji anggur yang melayang adalah biji anggur yang kualitasnya sudah tidak bagus. Silahkan buang biji anggur yang melayang tersebut. Lalu Kalian bisa langsung mengambilnya dan menjemurnya.

Baca Juga:  Jajal Dunia Akting, Fuji Jadi Pemeran Utama di Film Bukan Cinderella

Ketiga. Melakukan proses stratifikasi biji anggur – Stratifikasi merupakan proses utama dalam tahap awal penanaman. Proses ini menempatkan benih pada tempat atau wadah buatan yang memiliki suhu seperti habitat aslinya untuk menumbuhkan kecambah.

Keempat. penyemaian biji anggur – Proses ini merupakan pemindahan biji anggur yang siap ditanam pada wadah penyemaian. Pindahkan biji anggur tersebut ke tempat atau wadah penyemaian, Anda bisa menggunakan pot, polybag, dan media tanam lainnya.

Usahakan Anda memindahkan wadah penyemaian pada pagi hari tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung dan pada siang hari tidak terkena sinar matahari secara langsung. Lakukan penyiraman tanaman tersebut pada pagi dan sore hari secara teratur.

Baca Juga:  Wow! Gaji Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina Kalahkan Gaji Presiden

Kelima. Menanam di pekarangan rumah dengan wadah yang lebih besar – Setelah melakukan penanaman di dalam pot, Anda dapat memindahkan tanaman ke pekarangan Anda dan menempatkannya pada wadah yang lebih besar. Perkiraannya adalah jika tanaman sudah mencapai 30 cm.

Pastikan juga wadah dan tempat tersebut subur dan gembur. Anda bisa menempatkan tanaman anggur dekat dengan teralis rumah Anda agar tanaman tumbuh cantik dan menjalar dengan indah. (Red)