Cara Melakukan Digital Detox Agar Tidak Sering Menggunakan Hp Di Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Penggunaan ponsel dan gawai merupakan hal yang tak bisa terhindarkan saat ini. Masuknya hal ini telah merambah pada semua ranah di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kebiasaan ini bahkan membuat kita kadang tidak bisa jauh dari ponsel dan gawai ini pada kehidupan sehari-hari. Hal ini pada saat ini telah dialami oleh sangat banyak orang. Salah satunya cara mengatasinya dengan melakukan Digital Detox.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum: Pesantren Akidah Syiar Islam dan Ilmu Agama

Berikut beberapa cara melakukan Digital Detox yakni:

Pertama. Terapkan Batas Waktu – Menerapkan batas waktu dalam menggunakan media sosial merupakan langkah pertama untuk melakukan detoks digital. Dengan cara ini setidaknya kamu bisa mengurangi paparan dan penggunaan media sosial.

Selain membatasi durasi, kamu juga bisa menerapkan jam berapa hingga jam berapa kamu boleh membuka media sosial. Hal ini bisa diterapkan secara berbeda-beda tergantung kebutuhan.

Baca Juga:  Gak Habis Pikir, Seorang Ayah di Kota Cimahi Diduga Tega Cabuli Anaknya yang Masih 6 Tahun

Kedua. Buat Tempat Bebas Media Sosial di Rumah – Menyediakan ruangan khusus di rumah yang bebas media sosial seperti di kamar atau ruang keluarga bisa jadi cara kedua untuk dilakukan.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan interaksi antar anggota keluarga. Ketika di luar rumah, hal yang sama juga bisa kamu terapkan pada diri sendiri untuk membatasi penggunaannya.

Baca Juga:  Komunitas Bagong Mogok Gelar Trail Adventure di Cianjur

Ketiga. Cari Kesibukan Lain – Kesibukan yang dilakukan di media sosial biasanya dilakukan oleh seseorang untuk mengisi waktu luang yang dimiliki. Kamu bisa mencari kesibukan seperti bertemu teman baru, mencari hobi baru untuk menutupi waktu senggang yang kamu miliki. (Red)