Lampu Rem Mobil Kalian Nyala Terus? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab lampu rem mobil nyala terus karena banyak faktor. Lampu rem merupakan komponen penting pemberi informasi berbentuk visual bagi pengendara lain yang berada di sekitarnya.

Secara normal lampu rem akan menyala ketika pengendara menyalakan mobil atau ketika ingin memfungsikannya dalam kondisi tertentu. Namun beberapa kasus, banyak sekali yang mengeluhkan lampu rem yang terus menyala meskipun tidak digunakan.

Baca Juga:  BNNP Ungkap Jaringan Narkotika Sumatera-Jawa Barat

Maka dari itu berikut beberapa penyebab lampu rem mobil nyala terus yakni:

Pertama. Switch Rem Rusak – Penyebab pertama adalah switch rem rusak. Fungsi switch adalah untuk menyambung dan memutuskan listrik dari aki yang menyalur ke lampu rem.

Ketika pedal rem diinjak, maka tangkai switch akan terdorong keluar oleh komponen per. Sekaligus memerintah arus listrik untuk menyalakan lampu rem.

Baca Juga:  Setelah Bersembunyi Di Kolong Rumah, Macan Tutul Itu Kini ...

Kedua. Terjadi Masalah pada ABS – Pada beberapa kejadian, lampu indikator terus menyala karena adanya masalah pada sistem ABS. ABS sendiri memiliki fungsi mencegah rem terkunci saat menginjak pedal rem.

Namun ketika ABS tidak bekerja dengan baik, maka sistem tersebut mengalami kerusakan. Mengatasinya dengan membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan sehingga Anda tak usah panik.

Ketiga. Karet Penahan Rem Lepas – Penyebab utamanya karet penahan switch rem terlepas dan jatuh, sehingga switch masih terhubung meski pedal rem telah lepas. Akibatnya lampu stop lamp menyala dan tidak mati.

Baca Juga:  Zona Merah di Jabar Nol, Sekda: Kita Progres Vaksinasi Covid-19

Cara mengatasi penyebab lampu rem mobil nyala terus dengan melepas soket pada switch rem maupun saklar rem di atas pedal. Selain itu, juga dapat dengan melepas bohlam rem. (Red)