Awas! Ini Penyebab Penyakit Hepatitis Yang Jarang Diketahui, Diantaranya Jarum Tato

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab hepatitis adalah infeksi virus, tetapi bisa juga disebabkan oleh kondisi lain. Misalnya, menerapkan kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat.

Namun selain itu, masih banyak penyebab hepatitis yang bisa terjadi akibat kebiasaan buruk namun jarang disadari.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab hepatitis yang mesti dihindari:

Baca Juga:  Karyawan Meikarta Belum gajian, Ini Tanggapan Lippo Group

Pertama. Sering Mengonsumsi Alkohol – Konsumsi alkohol merupakan penyebab hepatitis yang cukup umum. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai hepatitis alkoholik.

Hepatitis jenis ini merupakan kondisi peradangan hati yang disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Yang bikin resah, kondisi ini bisa berkembang menjadi sirosis, alias terbentuknya jaringan parut di hati karena kerusakan hati jangka panjang (kronis).

Baca Juga:  Anak Pedangdut Rita Sugiarto Ditangkap karena Penyalahgunaan Narkotika?

Kedua. Makan atau Jajan Sembarangan – Bagi kamu yang masih sering jajan sembarang, sebaiknya pikir dua kali sebelum melakukan kebiasaan tersebut.

Pasalnya, hepatitis bisa saja disebabkan oleh makanan yang telah tercemar virus hepatitis A. Hepatitis A (HAV) disebabkan oleh virus hepatitis tipe A yang ada di dalam tinja seseorang yang terinfeksi.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Kampanye Dialogis Pilkades Pusakamulya Purwakarta Manfaatkan Live Streaming

Ketiga. Jarum tato – Hepatitis B (HBV) ditularkan dari virus hepatitis B melalui kontak dengan darah yang terinfeksi. Selain jarum suntik, penularan hepatitis B juga bisa melalui air mani hingga cairan tubuh lainnya. (Red)