Mengenal Ragam Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Pernah mendengar soal daun Afrika? Sesuai namanya, ini merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di kawasan Afrika bagian barat, khususnya di Negara Nigeria. Ada sejumlah manfaat daun Afrika bagi kesehatan tubuh.

Sayangnya, hal tersebut jarang diketahui. Padahal, manfaat daun Afrika bagi kesehatan tubuh ini bisa mengatasi beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang.

JabarNews.com melansir dari banyak sumber, berikut beberapa manfaat daun Afrika bagi kesehatan tubuh:

Baca Juga: Tiga Dampak Buruk Terlalu Bucin Pada Pasangan yang Jarang Diketahui

Baca Juga: Yuk Simak Cara Simpel Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Baca Juga:  Ini Dia Sosok Yang Muncul di Google Doodle

1. Mengatasi Sakit Perut – Daun Afrika bisa kamu andalkan tiap kali mengalami keluhan sakit perut atau mulas yang penyebabnya bisa dipicu oleh berbagai kondisi, seperti sistem pencernaan yang tidak lancar, menstruasi, ataupun gejala alergi.

Baca Juga: Waspada! Tiga Bahan Kimia Berbahaya Bagi Kesehatan Kulit yang Ada di Produk Kosmetik Abal-abal

Baca Juga: Agar Bisa Mencegah Flu Saat Musim Hujan, Lakukan Kebiasaan Sehat Ini

Manfaat daun Afrika dalam mengatasi sakit perut ini pulalah yang membuatnya kian populer di Nigeria pada awal pemanfaatannya sebagai obat herbal. Untuk mengatasi sakit perut, kamu bisa mengekstrak daun Afrika dan menambahkan sejumput garam sebelum mengkonsumsinya.

Baca Juga:  Jokowi Diskusi Bersama Lima Gubernur Termasuk Ridwan Kamil, Menkes Budi: Bahas Covid-19

2. Menyembuhkan Demam – Manfaat daun Afrika yang tidak kalah populer di negeri asalnya adalah menyembuhkan demam. Ini menjadi alternatif pengobatan demam di negara-negara yang minim akses untuk memperoleh obat farmasi, khususnya di Afrika.

Manfaat daun Afrika ini bisa dirasakan karena adanya kandungan senyawa flavonoid yang bisa membantu mengatur suhu pusat di tubuh.

Bahkan, manfaat daun Afrika dalam meredakan demam ini biasa diaplikasikan ke bayi-bayi yang mengalami demam tinggi dengan cara menjadikannya sebagai kompresan untuk mencegah kerusakan otak.

Baca Juga: DPRD Jabar Minta Pengetatan Libur Nataru Dilakukan Hingga ke Tingkat Desa

Baca Juga:  PBNU: Ijtima Ulama IV Tidak Perlu Dilakukan

Baca Juga: Warga Binaan di Lapas Kelas IIB Purwakarta Hampir Seluruhnya Sudah Dapat Vaksin

3. Memelihara Fungsi Ginjal – Kamu mungkin hampir tidak percaya kalau daun Afrika bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif para penderita penyakit ginjal, bahkan yang kronis sekalipun.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 8 Desember 2021: Ada yang Sedang Terjebak Dalam Kebingungan

Baca Juga: Begini Langkah Oded M Danial Antisipasi Dampak Bencana Hidrometologi di Kota Bandung

Soalnya, salah satu manfaat daun Afrika yang kerap dipercaya adalah mengembalikan fungsi ginjal dan juga mengurangi kerusakannya. ***