Empat Kebiasaan Buruk Saat Memasak Ini Sebaiknya Segera Dihilangkan

JABARNEWS | BANDUNG – Ada sejumlah kebiasaan buruk saat memasak yang jarang disadari oleh beberapa orang.

Padahal, kebiasaan buruk saat memasak ini bisa membuat orang kurang menikmati makanan tersebut.

JabarNews.com melansir dari laman suara.com yang diunggah pada 9 Desember 2021, berikut kebiasaan buruk saat memasak yang sebaiknya dihilangkan:

Pertama. Mencuci Ayam – Tujuannya agar terhindar dari keracunan makanan, padahal ayam tidak perlu dicuci, karena hanya akan mencemari dapur.

Baca Juga:  Prediksi Line Up Pemain Timnas Putri Indonesia U-18 vs Singapura U-18, Sheva Imut Masuk Starting Eleven

Adapun cara menyiapkan ayam yang benar sebelum dimasak, yaitu pastikan cuci tangan dengan air hangat menggunakan sabun selama 20 detik sesudah dan sebelum memegang ayam.

Kedua. Mencuci Wajan dengan Sabun – Saat sedang mencuci piring, yang dilakukan sekaligus memasukan wajan dan dicuci bersama menggunakan sabun. Padahal ini tidak diperbolehkan, karena bisanya cukup merendam wajan dengan air.

Disarankan saat mencuci wajan, gunakan sikat gosok, air dan digosok. Selanjutkan keringkan wajan dengan kain atau handuk kertas yang tidak berbulu, dan gosokkan sedikit minyak goreng, dilap sampai tidak ada residu yang tersisa.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Mual Dengan Obat Tradisional dan Mudah Dilakukan

Ketiga. Merebus Telur Segar – Tidak semua telur cocok untuk direbus. Khusus untuk telur segar yang baru dibeli dari peternak atau dari supermarket sangat cocok dibuat telur orak-arik dan hidangan telur lainnya.

Tapi tidak untuk telur rebus, yang sebaiknya menggunakan telur yang sudah lebih lama. Telur dimasukan ke panci berisi air dingin, didihkan air, lalu tutup panci, matikan dan diamkan telur selama 12 menit.

Baca Juga:  Piala AFF U-18 Wanita 2022: Link Live Streaming Timnas Putri Indonesia U-18 vs Singapura U-18, Tayang Malan Ini

Keempat. Hanya Punya Satu Talenan – Dapur adalah sumber bakteri, maka jangan pernah menggunakan talenan yang sama untuk memotong ayam mentah dan memotong bawang, karena berisiko kontaminasi bakteri silang.

Solusinya dengan memiliki minimal dua talenan, satu untuk mengolah daging mentah, dan satu talenan untuk mengolah sayuran. ***